Ini Janji Harmoni Diawal Kampanye

0 56

LABUAN BAJO,fokusnusatenggara.com- Mengawali kampanye putaran pertama, pasangan Nomor urut 3 Calon Gubernur Calon Gubernur NTT, Benny K Harman dan Benny A Litelnoni (HARMONI) berjanji membuka lapangan kerja baru di NTT, pembangunan infra struktur jalan dan jembatan, listrik masuk desa, pemenuhan air bersih, beasiswa bagi pelajar dan reformasi birokrasi.

Hal itu dikatakan  Benny K Harman (BKH), ketika bertatap muka dengan warga masyarakat dan pelajar di Labuan Bajo Manggarai Barat, Jumat, 16 Februari 2018.  Dalam pertemuan itu, Paket Harmoni memaparkan program unggulan dalam visi dan misinya, untuk mengatasi masalah yang begitu kompleks di NTT.

Menurut BKH, masalah penting yang harus diatasi dalam waktu dekat apabila dirinya terpilih menjadi Gubernur NTT antara lain, soal ketersediaan listrik masuk desa, infrastruktur jalan dan ketersediaan lapangan kerja.

“ Dari 3000 desa di NTT, baru ada penerangan listrik sekiar  35 %, sisanya belum ada penerangan. Karena itu ketika saya diberikan amanah jadi gubernur, saya akan menambah jaringan liatrik masuk desa,” tegas BKH.

Selain itu, soal ketersediaan air bersih menurut BKH,  dari data saat ini masyarakat NTT hanya 40 % mendapatkan air bersih.  “ Selain listrik, air bersih juga akan jadi prioritas kami. Saat ini hanya 40 persen masyarakat NTT yang menikmati fasilitas ini. Untuk itu kami akan bangun infrastruktur penyediaan air bersih, agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, menurut mantan politisi senayan ini, saat ini bentangan jalan provinsi di NTT mencapai 3000 kilo meter. Dari jumlah ini, 40 persen saja yang kondisinya bagus, sedangkan sisanya dalam kondisi parah, bahkan belum dikerjakan.

“ Kondisi jalan di NTT saat ini dalam situasi memprihatinkan. Di beberapa daerah, akses jalan tertutup untuk ke kota. Dan kami berjanji akan perhatikan hal ini, apabila terpilih nantinya. Pembangunan infra struktur ini penting, guna membuka akses dan isolasi daerah. Setelah dibuka, akan sinergis dengan pergerakan roda perekonomian masyarakat setempat,” paparnya.

Selain listrik, air bersih dan infra struktur, Paket Harmoni menurut BKH, memiliki program unggulan lainnya yakni penyedian lowongan kerja, guna menyerap para pengangguran yang ada di NTT. Sebab, saat ini NTT sebagai salah satu daerah pemasok TKI maupun TKW terbesar di Indonesia. Dengan adanya lapangan pekerjaan yang baru, para pencari kerja usia produktif bisa ditampung dan diberdayakan.

“ Kita akan bangun Balai Latihan Kerja  yang sistematis berbasis potensi desa. Hasilnya kita akan kembalikan ke desa, dengan menyiapkan lapangan pekerjaan yang akan menampung mereka, dan dikembangkan dengan situasi dan potensi desa yang ada. Tujuan kita cuman satu, menekan angka pengangguran, dan mencegah agar tenaga kerja usia produktif tidak mencari kerja di luar daerah atau luar negeri,” jelasnya.

Kampanye putaran pertama yang diselenggarakan oleh KPU NTT, dibagi dalam empat zona. Paket Harmoni mendapat jatah sambangi Zona Tiga yang terdiri dari Manggarai Raya, Ngada dan Nagekeo. Melihat antusiasme masyarakat Manggarai Raya, rasanya kemenangan 70 persen suara dari wilayah ini, bukan hal yang mustahil. (je taolin)

Comments
Loading...