Ikut Kampanye SN-KT, Tua Adat Sonaf Io Kufeu Kecam Tingkah Laurens Lalak

  • Bagikan

Ditambahkannya, apabila Laurens Lalak  kedapatan lagi bertindak atas nama Sonaf Io Kufeu, pihak Sonaf menurutnya, akan mengambil tindakan tegas berupa sanksi dan denda adat kepada Laurens Lalak.

“ Saya minta perbuatan atas nama sonaf jangan terulang lagi. Kalau terjadi lagi, maka kami semua tetua adat akan panggil Pah Lalak, dan berikan sanksi serta denda adat kepadanya. Sebab Sonaf Io Kufeu dari dulu sampai sekarang bukan nama sembarang, yang bisa siapa saja pikul bawa dan atas nama kemana-mana,” tegas Blasius Manek.

Baca Juga :  RSPP Betun Jadi Tempat Studi Banding

Sementara itu, Eddy Taolin, juru bicara sekaligus perwakilan Keluarga Besar Sonaf Io Kufeu,  juga mengecam sikap dari Laurens Lalak tersebut. Menurutnya, sebagai anak Suku Sonaf Io Kufeu, bahkan sebagai Niuf Ana (sebutan bangsawan dalam Sonaf Io Kufeu,red), Laurens Lalak harusnya patuh pada kesepakatan yang ada. Apalagi kesepakatan tersebut dibuat langsung di Sonaf, dengan ritual adat, oleh semua tetua adat di Sonaf Io Kufeu.

Baca Juga :  Berkat RPM, 12 Ton Padi Dipanen Poktan Cinta Damai

“ Lalak itu buat sembarang saja. Sebagai anggota keluarga sonaf, siapa yang kasih wewenang kepada dia bertindak atas nama sonaf?. Kalau pergi atas nama pribadi silahkan. Bukan jalan angkat bawa nama sonaf, kemudian berteriak disana. Sangat memalukan sikap itu,” ujar Eddy Taolin, yang sudah disepakati keluarga Taolin Sonaf Io Kufeu, sebagai calon pengganti Amanas Tuan Sonaf Io Kufeu, menggantikan Almarhum Taolin Ludovikus, kepada wartawan di Kupang, Minggu, 8 November 2020. (jef taolin)

  • Bagikan