Harmoni Akan Jadikan Linko Destinasi Wisata Baru

0 42

RUTENG,fokusnusatenggara.com- Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Benny K Harman- Benny A Litelnoni (Harmoni) dalam kampanye di Desa Meler,  Kecamatan Ruteng,  Manggarai Barat berjanji akan menjadikan Linko (Sawah jaring laba-laba) sebagai destinasi wisata baru di daerah itu.

“Sawah berbentuk jaring laba-laba bisa menjadi destinasi wisata baru,” kata Calon Wakil Gubernur NTT Benny Lotelnoni saat berkampanye di kampung Meler,  Senin, 19 Febrauri 2018.

Hamparan sawah yang bentuknya menyerupai jaring laba-laba. Masyarakat setempat menyebutnya sawah Lingko. Lingko merupakan tradisi pembagian tanah sawah yang sudah di lakukan secara turun temurun sejak jaman penjajahan Belanda dan masih terjaga hingga kini.

Litelnoni mengusulkan agar masyarakat setempat menyiapkan rumah adat (Gendang) yang representatif,  sehingga bisa menjalankan ritual adat saat tanam dan panen nanti.

“Pembangunan rumah adat yang representatif bisa dijadikan nilai budaya bagi wisatawan,” katanya.

Di keempat kampanye Harmoni mengunjungi tiga desa di Kabupaten Manggarai. Kampanye Harmoni di zona tiga akan berakhir pada 23 Februari 2018. (tim mc harmoni)

 

Comments
Loading...