Fraksi PAN NTT Singgung Kinerja Bank NTT

0 36

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), meminta agar Pemprov NTT harus melakukan penilaian objektif dan pengawasan ketat akan kinerja Bank NTT.

Hal itu terungkap dalam pandangan umum Fraksi PAN saat rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) NTT terhadap laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD NTT tahun anggaran 2014 di gedung dewan setempat, siang kemarin.

Menurut Fraksi PAN dalam pandangan umumnya yang dibacakan ketua Fraksi, Angelino Da Costa, penilaian atas kinerja Bank NTT itu dimaksudkan bank sebagai entitas publik dalam mendukung program pembangunan berbasis pedesaan harus benar- benar tepat sasasarn dalah hal objek dan manfaat.

angelino-da-costa“Bank NTT diharapkan menjadi salah satu sumber keuangan daerah yang dapat menyediakan sejumlah dana dari hasil usaha yang diperoleh untuk mendukung aktivitas ekonomi rakyat di NTT,” kata Angelino.

Pemerintah NTT diminta untuk mendorong Bank NTT agar sinergis dalam menyukseskan program Pemprov NTT, dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat NTT.

Namun demikian, tandas Angelino, Pemprov NTT juga diingatkan agar jangan mengintervensi terlalu jauh, apalagi itu sudah ada unsur politik di dalamnnya. Tetapi lebih objektif dalam menilai kinerja pengelolaan Bank NTT sebagai lembaga keuangan.

“ Pemprov NTT dan kabupaten serta kota adalah pemilik saham terbesar dalam Bank NTT. untuk itu harus benar lakukan evaluasi atas kinerja Bank NTT ini sebagai bentuk tanggung jawab moril atas pengelolaan keuangan negara. Namun jangan melakukan interfensi terlalu jauh apalagi sudah sifatnya politis,” jelasnya.

Selain Bank NTT, Fraksi PAN DPRD NTT juga meminta agar Pemprov NTT melakukan evaluasi kinerja terhadap PT, Semen Kupang, yang juga merupakan salah satu aset daerah.  Untuk itu Fraksi PAN DPRD NTT meminta pemerintah provinsi NTT secara cermat ikut menghitung hasil keuntungan dan ikut mendorong strategi harga dengan tetap menjaga kualitas produksi untuk memenuhi harapan dan kepuasan masyarakat. (Jeje)

Comments
Loading...