Berita Terkini Hari Ini, Kabar Akurat & Berimbang

Enam Pasang Calon Bakal Bertarung di Pilkada Manggarai Barat

0 29

KUPANG,fokusnusatenggara.com-Walau belum ada keputusan dari Partai pengusung namun diperkirakan sebanyak enam pasang calon Bupati dan Wakil Bupati bakal bertarung di Pilkada serentak Kabupaten Manggarai Barat, September 2020 ini.

Mereka adalah Estadius Endi – dr Julianus Weng ( Nasdem ), Matheus Hamsi – Tobias Wanus ( Golkar ), Maria Geong – Silvester Syukur ( PDIP ), Andre Garu – Angelus Gapul ( Hanura ), Tini Tadeus – Thomas Edi ( PKB), Fidelis Pranda – Blasius Jeramun ( Independent ) dengan nama Paket Praja.

Namun yang sudah pasti mendapatkan pintu masuk adalah pasangan Fidelis Pranda dan Blasius Jeramun yang maju lewat jalur independent.

Karena hari ini ( 19/2) Paket Praja telah menyerahkan dukungan ke KPU setempat dengan jumlah dukungan 20.394 KTP. Keduanya sudaj selesai melakukan penginputan syarat dukungan (KTP) ke dalam aplikasi sistem informasi pencalonan ( Silon) milik Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Manggarai Barat.

“ Tadi kami, Paket Praja telah menyerahkan syarat dukungan sebanyak 20.394 KTP. Data syarat dukungan yang telah diinput tersebut sudah melebihi jumlah yang ditentukan oleh KPUD yakni hanya sebanyak 16.788”, kata Fidelis Pranda (19/02).

Dia menyebutkan jumlah dukungan KTP ini berasal dari sebaran dari 12 Kecamatan yang ada di Manggarai Barat, melebih ketentuan KPUD yakni 6 Kecamatan.

“Jadi syarat dukungan yang kami input di Silon KPU sudah lebih dari yang ditentukan. Sekitar 4 ribu KTP yang lebih dan sebaran di 12 Kecamatan. Begitupun untuk Kecamatan seharusnya sebaran 6 kecamatan saja namun melebihi yakni 12 Kecamatan ,” jelas Fidelis Pranda.

Karena itu Fidelis mengharapkan agar KPUD Manggarai Barat bekerja sesuai dengan ketentuan berlaku sehingga Pilkada berjalan aman, tertib dan damai. “ Kami harap KPUD bekerja sesuai dengan ketentuan yang ada, sehingga Pilkada berjalan aman”, harap Fidelis.

Sementara itu Ketua KPUD Manggarai Barat Robertus Din mengatakan pihaknya akan segera melakukan verifikasi dan penelitian terhadap berkas dukungan perseorangan tersebut.

“Terhitung mulai hari ini (19 Febuari 2020) sampai 14 hari ke depan kita melakukan verifikasi aktual sesuai dengan berkas yang ada”, ujar Robertus Din.


Reporter: Usif


Comments
Loading...