Disaat Benny K Harman Menjawab Asa Buruh Pelabuhan Waikelo

  • Bagikan

TAMBOLAKA,fokusnsuatenggara.com- Kamis, 15 Maret 2018, suhu udara di Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kurang bersahabat. Panas terik matahari benar-benar mencapai puncaknya. Namun demikan, Mustafa terlihat santai seolah panas terik matahari adalah sahabat karib dia.

Peluh bercucuran dari pelipis dan wajah Mustafa. Dengan napas terengah, dirinya memanggul karung yang beratnya bisa ditaksir 50 kilo gram lebih. Tanpa bersungut, dia terus saja memanggul. Bagi Mustafa profesi sebagai tukang panggul barang di Pelabuhan Waikelo, SBD sudah dilakoni ayah 3 orang ini selama 15 tahun.

“ Saya sudah biasa kerja gini. Bahkan sudah 15 tahun saya nafkahi keluarga saya dengan kerja sebagai kuli panggul pelabuhan,” ungkap Mustafa menjawab wartawan yang siang itu bersama rombongan Benny K Harman, Calon Gubernur NTT Nomor Urut Tiga, yang melakukan blusukan ke Pelabuhan Waikelo, guna melihat dari dekat aktifitas kuli panggul dan bongkar muat di daerah tersebut.

Baca Juga :  Pesan Masyarakat Dualaus Kepada Taolin Agustinus

Mustafa tidak sendirian, bersaanya ada puluhan orang yang menekuni profesi tersebut. Walau seharinya hanya membawa 70 Ribu Rupiah, bagi Mustafa itu merupaka berkat yang luar biasa, untuk sekedar menyambung hidup dan menafkahi keluarganya.

Kedatangan Benny K Harman, sontak membuat Mustafa dan sesama kuli panggul di Pelabuhan Waikelo hentikan aktifitas mereka. Saling sapa dan berangkulan, membuat BKH akrab dengan para buruh pelabuahn tersebut.

Baca Juga :  Lusia Adinda Leburaya Semakin Menguat Jelang Penetapan Calon Di PDIP

Saat giliran Mustafa bersalaman, sontak ia sampaikan keluhannya. “ Pak, Upah kami disini sangat murah. Bahkan jauh dibawah standar. Kami kerja hanya bisa untuk makan saja,” ungkap Mustafa.

Tanpa melepas tangan Mustafa, dengan menepuk bahunya, Benny K Menegaskan, apabila dirinya terpilih menjadi Gubernur NTT, dirinya berjanji akan mengaji ulang sistim pengupahan di Pelabuhan Waikelo dan seluruh pelabuhan di NTT agar semuanya standar.

  • Bagikan