Demokrat Tak Restui Benny Harman Gantikan Akil

0 50

benny_k_harmanPartai Demokrat tidak akan memberi restu kepada Benny Harman untuk mendaftarkan diri menjadi calon hakim konstitusi menggantikan Akil Mochtar.  Sinyal ini disampaikan oleh juru bicara DPP Partai Demokrat, Ruhut Sitompul kepada wartawan di kompleks Parlemen Senayan.

Alasannya menurut Sitompul, Partai Demokrat tetap menolak politisi menjadi menjadi hakim konstitusi.  “ini sikap tegas partai. Politisi dilarang menjadi calon hakim konstitusi. Biarlah persoalan Yudikatif kita serahkan kepada  kalangan yang profesional” tegas Ruhut.

Sikap tegas tersebut menururnya, dilatar belakangi oleh Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang dikeluarkan oleh Presiden SBY.  Sebab salah satu substansi Perppu tersebut adalah syarat menjadi Hakim Konstitusi , yakni tidak boleh menjadi anggota parpol.

Meski aturan tersebut telah dibatalkan oleh Mahkamah konstitusi, namun menurut Ruhut, pihaknya tidak menemukan alasan untuk mendukung politisi menjadi calon hakim konstitusi.

Saat ini Komisi III DPR RI sedang membuka pendaftaran bagi calon hakim konstitusi guna menggantikan Akil Mochtar, yang menjadi tersangka dalam kasus suap sengketa Pilkada di beberapa daerah.

Nama politisi Benny Harman menjadi salah satu nama yang diusukan menjadi calon hakim pengganti Akil. Dukungan kepada Benny bukan saja dari Demokrat melainkan dari 2 Fraksi lainnya. Namun sejauh ini Benny belum mendaftarkan diri. Sampai hari ini ada 11 nama yang sudah resmi mendaftar.

Comments
Loading...