Berita Soal Keluarga Taolin Dukung SN-KT Itu Bohong

1.432

BETUN,fokusnusatenggara.com- Berita soal “Keluarga Taolin Di Io Kufeu Berpaling Dukung Paket SN-KT” yang dimuat voxntt.com pada tanggal 7 Oktober 2020, dinilai bohong, hoax dan tidak benar.

Pasalnya, sampai saat ini Keluarga Besar Taolin di Sonaf Io Kufeu, tidak pernah mengeluarkan pernyataan sikap secara resmi soal arah dukungan kepada paket Simon Nahak dan Kim Taolin atau Paslon SN-KT dalam Pilkada Malaka tahun 2020.

“ Saya tegaskan bahwa apa yang ditulis dalam berita tersebut tidak benar dan bohong,” tegas Fredik Taolin, perwakilan Keluarga Besar Keluarga Taolin dan Sonaf Io Kufeu, Bani-Bani, Kabupaten Malaka kepada wartawan, melalui konfirmasi per telepon. Rabu, 7 Oktober 2020.

Selain itu, dalam berita tersebut, wartawan voxntt.com dinilai keliru dan tidak melakukan penulusuran informasi yang akurat terhadap nara sumber yang dipakai dalam berita tersebut. Dimana, Laurens Lalak, sebagai nara sumber tersebut bukan sebagai keluarga Taolin.

“ Laurens Lalak itu bukan marga Taolin. Bagimana bisa dia bertindak atas nama keluarga Taolin?. Dan wartawan serta merta pakai itu sebagai judul, tanpa dicek kebenaran informasi itu,” .

Keluarga Taolin di Sonaf Io Kufeu saat ini, Tegas Fredik, hanya mendukung Paket Stefanus Bria Seran dan Wendelinus Taolin atau dikenal dengan Paket SBS-WT, sesuai dengan kesepakatan dalam  lingkaran keluarga besar Sonaf Io Kufeu.

Bahkan kesepakatan ini diambil jauh sebelum penentuan Paket oleh KPU Malaka, serta diambil pada saat Almarhum Taolin Ludovikus masih hidup dan bertindak atas nama pemangku adat Sonaf Io Kufeu.

“ Saya tegaskan bahwa keputusan untuk mendukung adik kami Wande Taolin dengan pak Dokter Stef Bria Seran, diambil sejak kaka Ludo Taolin masih hidup dan menjadi Amanas Tuan di Sonaf Io Kufeu. Dan ini dilakukan dengan ritual adat yang disaksikan oleh seluruh tetua adat Sonaf Io Kufeu. Jadi kalau Laurens Lalak bertindak atas nama Keluarga Taolin itu tidak benar, demikian juga atas nama Sonaf Io Kufeu,” tutup Fredik Taolin, calon pengganti Amanas Tuan Sonaf Io Kufeu. (fatur)

Comments
Loading...