Bawaslu NTT Ungkap Dugaan Manipulasi Dukungan Paket Pilar

0 50

RUTENG,fokusnusatenggara.com- Bawaslu NTT dalam kegiatan verifikasi dokumen pasangan calon perseorangan Paket Pilar (Philipus Mantur dan Ardi Suardi), yang akan maju dalam Pilkada Manggarai, menemukan sebagian besar data dukungan yang dimanipulasi.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu NTT, Nelce Ringu, kepada wartawan usai melakukan kegiatan pengawasan di Desa Golo Cador, Kecamatan Wae Rii, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, bersama dengan pihak Panwaslu setempat.

Menurut Ringu, Dari hasil supervise dilapagan, tim Panwas kabupaten menemukan sejumlah hal seperti dugaan manipulasi data dukungan yang dilakukan Pasangan Calon (Paslon) ataupun kordinator lapangan Paslon.

Nelce“ Kita ke Desa Golo sebagai desa sampel kita. Ternyata disana terdapat banyak sekali manipulasi dukungan. Bahkan angkanya mencapai ratusan. Dari 366 suara, yang tidak layak untuk memberikan dukungan sebanyak 363 sedangkan yang layak hanya 3 suara,” jelasnya.

Penyebabnya kata Nelce sangat berfariasi. Diantaranya, ada dugaan manipulasi data, pencatutan data dukungan dan sebagainya, bahkan ada data KTP yang dimanipulasi.

Untu itu dirinya mengharapkan, agar masyarakat yang merasa nama dan identitasnya di palsukan untuk segera melapor secara resmi ke pihak Panwas Kabupaten Manggari, agar diproses lebih lanjut sesuai aturan yang berlaku.

Sementara anggota Panwas Kabupaten Manggarai,  Edwar Tasman meminta masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam seluruh tahapan pilkada Manggarai. Sebab untuk menghasilkan pemimpin di Kabupaten Manggarai, dengan mengikuti semua tahapan proses secara jujur dan adil. (Laporan :*Bert)

Comments
Loading...