AHY Masuk Bursa Capres Populer Versi PKB-ARSC

17

JAKARTA,fokusnusatenggara.com- Agus Harimurti Yudhoyono, atau yang akrab disapa AHY, Ketua Umum Partai Demokrat, masuk sebagai salah satu sosok paling populer untuk menjadi Calon Presiden RI mendatang.

Dalam Survei yang dirilis Perkumpulan Kader Bangsa bekerjasama dengan Akar Rumput Strategic Consulting (PKB-ARSC), AHY masuk dalam urutan ketiga, dengan elektabiltas sebesar 8,89 persen, dibawah Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarto Putri dan Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra.

Survei yang dilakukan pada April-Mei 2021 ini, juga menempatakan Partai Demokrat masuk dalam tiga besar partai politik dengan elektabilitas tertinggi, dengan proyeksi elektabilitas 14,8%, sedikit dibawah, dengan Partai Gerindra (15,03%) dan PDI-P (19,6%).

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi dengan metode stratified random sampling, menggunakan teknik wawancara telepon. 54,8% responden berada pada rentang usia 21-30 tahun, dan sebagian besar pelajar/mahasiswa (33%), karyawan swasta (28%) serta pengusaha/wirausaha (17%).

“Naiknya pamor Partai Demokrat di survei tidak lepas dari ramainya pemberitaan terkait dinamika internal Partai Demokrat, khususnya isu Kongres Luar Biasa yang meramaikan perbincangan di publik,” kata Bagus Balghi, peneliti Akar Rumput Strategic Consulting dalam paparan yang dilakukan secara on-line, Sabtu, 22 Mei 2021.

Menanggapi hasil ini, Tomi Satryatomo, Kalitbang DPP Partai Demokrat mengatakan, hasil ini kosisten dengan tiga lembaga survei lainnya yakni, Indikator Politik, Balitbang Kompas dan LP3ES.

Rilis survei ini dihadiri antara lain oleh Ketua Perkumpulan Kader Bangsa Dimas Oky Nugroho, Ph.D, Kepala Badan Pemenangan Pemilu DPP PD Andi Arief, Ketua Bappilu Partai Golkar Maman Abdurahman, Ketua DPP Partai Nasdem Saan Mustopa dan anggota F-PDIP DPR RI Rieke Dyah Pitaloka. +++

Comments
Loading...