Pakai Koteka Ke Kampus Mahasiswa Uncen Merasa Lebih Merdeka

0
528
Devio Bastian Tekege, mahasiswa Fakultas Teknik Uncen mengenakan Koteka saat mengikuti pelajaran di kampusnya. (Dok suarapapua.com)
Loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com – Devio Bastian Tekege, mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Teknik Elektro Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, hari ini memakai busana daerah, Koteka, ke kampusnya. Walau mengundang perhatian dari dosen dan sesama mahasiswa, Devio mengatakan, ia merasa lebih bebas (merdeka) dalam belajar dibandingkan dengan menggunakan busana lain.

Devio Bastian Tekege, mahasiswa Fakultas Teknik Uncen mengenakan Koteka saat mengikuti pelajaran di kampusnya. (Dok suarapapua.com)

Berdasarkan kronologi peristiwa itu yang diperoleh suarapapua.com, aksi Devio dimulai ketika pada pukul 08:00 WIT, mahasiswa yang tinggal di Asrama Mahasiswa Katolik Tauboria ini berangkat ke kampus dengan menggunakan sepeda motor.
Tatkala tiba, segera saja mahasiswa semester IV ini menjadi pusat perhatian. Banyak yang bertanya-tanya, mengapa pria berusia 21 tahun ini mengenakan Koteka, padahal tidak ada event budaya hari itu.

“Ini rencana untuk melestarikan budaya orang Papua. Jadi, Koteka itu bisa dipakai kapan saja atau di mana saja. Bukan saat acara-acara tertentu, tempat-tempat tertentu atau pada saat ada kegiatan,” demikian jawaban Devio, dalam kronologi yang dilaporkan oleh Kris Dogopia, aktivis Papua yang diterima suarapapua.com.


SUMBER : SUARAPAPUA.COM


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here