NTT Masuk 15 Besar Penyandang Disabilitas

  • Bagikan

ulus disKUPANG,fokusnusatenggara.com- Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk dalam 15 besar masyarakat dunia yang penduduknya banyak terdapat penyandang disabelitas. Jumlah ini merupakan bagian dari 80 persen yakni 785 juta jiwa jumlah penyandang disabelitas yang terdapat pada negara berkembang. Indonesia masuk didalamnya.

Paulus Manek, Ketua Permata Indonesia, menegaskan hal tersebut dalam workshop beberapa waktu lalu di Hotel Grenia Kupang-NTT. Dia mengatakan, 785 juta orang penyandang Disabilitas merupakan usia produktif 15 sampai 59 tahun.

Baca Juga :  Andreas Hugo Pareira : Empat Pilar Kebangsaan Penopang Kedaulatan NKRI

Menurutnya, Tingkat penyandang disabilitas meningkat secara global karena pertambahan usia dan kondisi kesehatan kronis dan dunia. Penyandang disabilitas merupakan kelompok minoritas terbesar dan semua orang akan mengalami dalam hidupnya seiring bertambahnya usia.

Dirinya menjelaskan, keberadaan kelompok penyandang disabelitas harus dilindungi, dijamin kesamaan hak dan kebebasan mendasar dalam menikmati hidup. Pergeseran paradigma penyandang disabilitas tidak dilihat sebagai obyek belas kasihan tetapi sebagai subyek yang berhak memperoleh haknya membuat keputusan yang bebas.

  • Bagikan