Mogok Ngajar, SMK Keperawatan Lela Didemo Siswa

0 75

MAUMERE,fokusnusatenggara.com- terhitung sudah dua minggu, proses belajar mengajar di SMK Keperawatan Santa Elisabeth Lela, Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) berhenti total. Pasalnya, 10 orang guru honor yang mengajar pada sekolah tersebut melakukan mogok, imbas dari belum dibayarnya gaji mereka selama dua bulan.

16144782_749586898529697_283731739_nSeperti yang terjadi pada Kamis, 19 Januari 2017 siang, ratusan siswa sekolah tersebut terpaksa melakukan demo di depan Kantor Yayasan St. Lukas Keuskupan Maumere, guna menyampaikan sikap mereka atas tidak dilakukannya proses KBM. Perwakilan siswa meminta pihak Yayasan agar segera mengaktifkan kembali kegiatan belajar mengajar lantaran banyak guru yang sudah berhenti mengajar sejak bulan April 2016 lalu, kerena gaji mereka tidak dibayar.

“ Kami merasa semacam disepelekan dan dari pihak Yayasan juga terkesan masa bodoh maka para guru harus melakukan Aksi mogok dan siswa pun harus unjukrasa untuk membuka mata Yayasan,” ungkap yanti, perwakilan guru dihadapan pengurus yayasan.

Atas permintaan itu, pihak Yayasan yang diwakili  langsung oleh ketua Yayasan mengatakan akan segera mengambil langkah untuk mengatasi permasalahan di SMK St. Elisabeth Lela.

“Kami berjanji akan membahas persoalan ini secepatnya di tingkat yayasan sehingga selambat-lambatnya pada hari senin depan kegiatan belajar mengajar sudah bisa berjalan dengan normal,” papar Gabriel, Ketua Yayasan St. Lukas.

Menanggapi permintaan dari perwakilan Yayasan, kepala sekolah SMK St. Elisabeth Lela, Drs. Servatius Hyasintus mengatakan bahwa kegiatan KBM selama ini masih tetap berjalan walau beberapa orang guru dan pegawai melakukan mogok kerja.

“Kegiatan KBM di sini tetap berjalan namun yang datang mengajar hanya 4 org guru yg berstatus sebagai PNS yang diperbantukan di sini. Sedangkan sekitar 10 orang guru yang berstatus guru honor dan kontrak benar sejak hari Senin tgl 16 Januari 2017 hingga saat ini tidak masuk sekolah,” terang Servatius.

Laporan : Jhon da Gomez

Comments
Loading...