Gubernur NTT : Pertemuan PT Tiga Negara, Harus Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

0 49

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Gubernur NTT, Frans Lebu Raya menegaskan, Pertemuan Meja Bundar Tiga Perguruan Tinggi, mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi NTT, Darwin dan Dili. Beberapa sektor prioritas yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, antaranya peternakan, perikanan serta pariwisata.

Penegasan Gubernur NTt ini, disampaikan pada saat membuka kegiatan Pertemuan Meja Bundar Universitas Tiga Negara (Indonesia, Australia dan Timor Leste) yang Ketiga di Hotel Sotis Kupang, Senin (16/5/2016) kemarin.

gub ntt“Forum meja bundar universitas tiga negara ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang teknis dan praktis dalam mendukung sektor-sektor tersebut. Forum ini hendaknya juga membuka kemungkinan adanya pertukaran mahasiswa antar universitas tiga negara,” tegas Lebu Raya.

Pertemuan yang dimotori Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, merupakan kelanjutan dari pertemuan pertama di Dili pada Tahun 2014 dan pertemuan kedua di Darwin Tahun 2015.

Lebih lanjut Gubernur juga menyentil tentang pentingnya penerbangan langsung dari Kupang ke Dili dan Darwin, serta sebaliknya. Pembukaan rute tersebut dapat membuka akses keterbukaan. Orang-orang dari ketiga negara yang bertetangga itu dapat berinteraksi serta saling mengunjungi lebih mudah dan lancar.

“Pemerintah Provinsi sudah berkali-kali menyurati Pemerintah Pusat. Secara pribadi, saya juga sudah menyentil hal ini dengan Menteri Perhubungan. Semuanya dikembalikan kepada kebijakan Maskapai Penerbangan,” ungkap Lebu Raya dalam pertemuan itu.

Pertemuan ketiga ini, mengambil tema “Pembangunan Terpadu Sub-kawasan Australia Bagian Utara, Indonesia Bagia Timur, dan Indonesia”. Sesuai kesepakatan, setiap perguruan tinggi harus merumuskan bidang unggulan yang akan diterapkan dalam setia kerja sama.   

Darwin melalui Charles Darwin University (CDU)  diberi wewenang mengembangkan produk unggulan dibidang lingkungan hidup, Universitas Nasional Timor Lorosae pada Pendidikan dan Bahasa,  Universitas Hasanudin pada Ilmu Kelautan dan Perikanan.

Selanjutnya Universitas Mataram pada Perubahan Iklim dan Resilens, Universitas Udayana pada kesehatan dan kedokteran serta pariwisata dan budaya, Universitas Gajah Mada pada Pengelolaan Bencana dan Resilensi,  Universitas Kristen Satya Wacana pada Keadialan Sosial dan Pembangunan.  Sedenagkan untuk Khusus untuk Undana sebagai tuan rumah fokus pada Pertanian Lahan Kering dan Lingkungan Hidup. (Humas Setda Provinsi NTT/fatur)

 

Comments
Loading...