Gaji Guru di NTT 50 Ribu Per Bulan

0 57
Ilustrasi Gambar (web)
Ilustrasi Gambar (web)

KUPANG,fokusnusatenggara.com-Besaran gaji guru Komite di NTT yang diangkat oleh komite atau kepala sekolah yang dibiayai oleh komite atau dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) berkisar antara Rp. 50. 000 sampai Rp. 500. 000 per bulan.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Piter Sinun Manuk sampaikan ini kepada wartawan di Kupang siang tadi.

Piter menjelaskan, selain guru komite, terdapat juga guru tidak tetap provinsi dan kabupaten/kota, guru bantu pusat, dan guru tetap yayasan. Untuk guru tidak tetap kabupaten/kota, pengangkatannya oleh pemerintah kabupaten/kota yang dibiayai dengan APBD kabupaten/kota yang berkisar antara Rp. 500. 000 sampai Rp1.000,000  juta per bulan. Sementara guru yayasan adalah guru yang diangkat oleh yayasan dan dibiayai oleh keuangan yayasan.

Lebih lanjut Piter sampaikan, guru tidak tetap provinsi adalah guru yang diangkat oleh pemerintah provinsi dan digaji dengan APBD provinsi, dimana besar honornya Rp1, 250.000 per bulan. Mereka ditempatkan di 17 kabupaten/kota.

Manuk menambahkan, kabupaten yang tidak ditempati guru kontrak provinsi yakni Sikka, Lembata, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, dan Malaka. Bagi mereka yang telah diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS), tidak bisa diganti oleh orang lain. (jeje taolin)

Comments
Loading...