Di Belu, Para Kades Diminta Alokasikan Dana ADD Untuk Perkuat PAUD

0 47

ATAMBUA,fokusnusatenggara.com- Para kepala desa di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), diminta untuk mengalokasikan sebagian Anggaran Dana Desa (ADD) untuk biaya pendidikan, terutama memperkuat Pendidikan Anak Usia Dini. Hal ini sesuai dengan kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Belu dan Save The Children Atambua, untuk membentuk karakter dan kepribadian manusia sejak dini.

savePermintaan itu disampaikan Bupati Belu, Willybrodus Lay ketika membuka kegiatan Lokakarya Dukungan Desa Terhadap Peningkatan Kualitas PAUD di Kabupaten Belu, yang berlangsung di aula Hotel King Star Atambua, Selasa, 18 Oktober 2016 lalu.

“ Saya minta agar dalam penyusunan alokai anggaran desa, para kades tolong perhatikan program pendidikan, terutama pendidikan anak usia dini. Sebab kita harus bisa menciptakan generasi muda yang handal sejak usia masih belia,” pintanya.

Menurutnya, generasi yang dipersiapkan sejak dini, merupakan nilai investasi yang tak terhingga. Sebab dengan membuat program persiapan yang matang, terencana dan terukur, pada waktunya kualitas manusia yang diharapkan dapat terwujud.

Bupati Willy Lay juga meminta kepada masyarakat dan pengelola PAUD di desa agar memperkuat partisipasinya dengan terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada PAUD yang ada di desa masing-masing.

Sementara itu, Harun Anggoro, Pilot Project dan Manager PAUD wilayah Timor Barat pada kesempatan yang sama mengemukakan, kegiatan ini sangat urgent untuk mendapatkan masukan dan usulan dari para pengelola PAUD terutama para Kepala Desa.

“Kita harapkan lokakarya ini membawa dampak positif bagi masyarakat terutama Kepala Desa untuk menganggarkan dananya kepada pendidikan usia dini ini,” ungkapnya.

Harun menambahkan, sejauh ini sudah ada 18 desa di Belu yang mengalokasikan anggarannya untuk peningkatan kualitas PAUD di tahun 2016 ini. Diharapkan pada Tahun 2017 nanti, semua desa dapat memberikan perhatian yang sama sesuai dengan komitmen yang dibangun bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Belu dan lembaga Save The Children.

Reporter : Rita Therik (humas setda belu)
Foto : herry klau (humas setda belu)

Comments
Loading...