Berita Terkini Hari Ini, Kabar Akurat & Berimbang

Cegah Penyebaran Covid -19 , Pemprov NTT Liburkan Sekolah Selama 14 Hari

0 72

Kupang, fokusnusatenggara.com / 19 Maret 2020
Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT akan meliburkan sekolah mulai tanggal 20 Maret 2020 hingga tanggal 4 April 2020. Langkah meliburkan sekolah ini dalam rangka pencegahan Virus Corona (Covid -19) di wilayah NTT.
“ Pemerintah NTT akan meliburkan sekolah di NTT meliburkan sekolah selama kurang lebih 14 hari. Dimulai tanggal 20 Maret hingga 4 April 2020 ,” kata Kepala Dinas Pendidikan Benyamin Lola ( 18/3).
Lebih lanjut benyamin Lola menyebutkan para pelajar yang diliburkan iu serenta. Mulai tingkat pendidikan PAUD /TK,SD, SLB hingga SMA/SMK selama 14 hari.
“Tanpa kecuali. Mulai dari tingkat dasar, Paud hingga SMA dan SMK. Ini untuk mencegah atau menghindari pertemuan banyak orang. Karena disekolah banyak orang belum termasuk yang tiap pagi dan siang antar jemput ,” jelas Benyamin Lola.
Dijelaskan, kebijakan meliburkan sekolah perlu dilakukan saat ini agar mencegah dan mengantisipasi penyebaran Virus Corona /Covid -19. Selama 14 hari diliburkan, anak –anak sekolah itu tetap diberi pelajaran yakni berupa Metode Online dimana para guru menyiapkan kelas maya menggunakan akses rumah belajar kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Laman “ belajar.kemendikbud.go.id.
“ Jadi para guru mengunduh materi –materi ajar dari internet atau rumah belajar dan dibagikan kepara peserta didik sebelum diliburkan. Materi ini akan diberikan untuk dipelajari selama masa dirumahkan. Para guru akan memantau pelajaran yang diberikan melalui dunia maya. Tentunya pada jam pelajaran seperti di sekolah,” Jelas Benyamin Lola.
Selain metode online ada juga metode pelajaran secara ofline. Materinya sama, guru mengunduh materi ajar dari internet dan diberikan untuk peserta didik. “ Materi –materi diunduh guru dan diberikan kepada anak didik untuk dipelajari. Ketika masuk kembali nanti para guru akan memberikan ulangan kepada peserta didik ,” katanya.
Berikutnya kata Benyamin Lola para guru akan memberikan penugasan secara manual kepada peserta didik dengan kompetensi dasar yang ada untuk dikerjakan dirumah masing –masing.
“ Hasil jawaban penugasan ini akan diberikan kepada Guru melalui email atau WatshAp. Jadi dirumah bukan untuk tidur atau bermain tetapi tetapi sekolah hanya melalui dunia maya ,” tandas Benyamin.
Liburan selama 14 hari sebut Benyamin sudah disampaikan secara tertulis kepada kepada para kepala Sekolah PAUD, SD, SMP ,SMA, SMK se Provinsi NTT. “ Suratnya ber nomor 420924 / PK/ 2020 tertanggal 18 Maret 2020 ,” katanya.

Comments
Loading...