Presiden Jokowi Lantik Mantan Dandim Belu Jadi Kepala BNPB

Reporter : Fatur

275

JAKARTA,fokusnusatenggara.com- Letjen Ganip Warsito Resmi memegang jabatan sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ganip resmi dilantik Presiden Jokowi pada Selasa, 25 Mei 2021, menggantikan Letjen Doni Monardo, yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2021.

Bagi orang NTT atau khusunya Kabupaten Belu, Letjen Ganip Warsito bukan sosok asing. Alumni Akmil 1986 ini, pernah menjabat Dandim 1605 Belu pada Tahun 2003 hingga 2005, bahkan sangat dikenal sebagai sosok yang ramah dan mudah bergaul dengan dengan semua kalangan masyarakat. Usai menjabat Dandim Belu, alhasil karir Ganip Warsito terus melejit. Bahkan beberapa jabatan penting pernah dijabat olehnya.

Sebagai perwira tinggi aktif, Ganip telah mengisi sejumlah posisi strategis di tubuh TNI. Ketika menyandang pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) atau jenderal bintang satu, Ganip dipercaya untuk mengemban posisi Direktur Latihan (Dirlat) Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Kodiklat) TNI AD pada 2014.

Jabatan ini ia isi hanya setahun lamanya. Pada 2015, ia digeser untuk mengisi posisi Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad dengan pangkat Mayor Jenderal (Mayjen) atau jenderal bintang dua. Ketika masih berpangkat Mayjen, Ganip juga pernah menjadi Pangdam XIII/Merdeka, yang meliputi komando kewilayahan pertahanan Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah pada 2016-2018.

Kemudian, Ganip digeser untuk menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III) dengan pangkat Letjen pada 2019-2021. Tahun 2021 juga, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melantik Ganip menjadi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI. Jabatan Kasum TNI menjadi jabatan terakhir Ganip sebelumnya akhirnya digeser untuk memimpin BNPB. +++

Comments
Loading...