Pesan Apel Nusantara Di Sikka, Bhineka Tunggal Ika Harga Mati

Pesan Apel Nusantara Di Sikka, Bhineka Tunggal Ika Harga Mati

- in Nasional
393
0
Loading...

MAUMERE,fokusnusatenggara.com- Menjaga agar bangsa Indonesia tetap hidup rukun, damai dan bersatu dalam semangat Bhineka Tunggal Ika, adalah hal mutlak yang harus dijaga oleh seluruh eleman masyarakat Indonesia. Selain menjaga kebhinekaan kita, Pancasial dan Undang – Undang Dasar 1945 adalah payung hukum dalam mengatur cara hidup berbangsa kita yang patut dijunjung tinggi.

15311405_717986061689781_1092818578_oHal ini disampaikan Rafael Raga, Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam sambutannya pada pelaksanaan Apel Nusantara Bersatu di Lapangan Umum Kota Baru Maumere, Rabu, 30 November 2016.

Menurut Raga,  sebagai bangsa yang majemuk, memang selalu ada konflik horisontal dan vertikal yang bernuansa SARA. Namun kecerdasan kita sebagai anak bangsa dituntut untuk bisa berpikir arif serta adil, dalam menyelesaikan persoalan ini berdasarkan aturan hukum yang berlaku.

“ Membangun bangsa dengan kemajemukan seperti Indonesia, tentu banyak persoalan yang sering dialami, bahkan bisa terjadi gesekan dalam masyarakat. Tapi kita harus bisa dewasa sebagai bangsa untuk lebih melihat kebhinekaan kita sebagai semboyan pengayom negeri ini. Bukan kita berpikir sekretarian dan cenderung primordial dalam mengkotak-kotakan suku, agama dan ras tertentu,” jelasnya.

Apel Nusantara bersatu ini, dihadiri oleh seluruh tokoh agam, tokoh masyarakat Kabupaten Sikka, organisasi kepemudaan, sosial, wanita, serta seluruh elemen dan lapisan masyarakat yang ada. (Jhon Da Gomez)

Loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *