Konflik KPK-Polri, Johan Budi: Ini Masalah Orang per Orang

0 59
sumber : detik.com
sumber : detik.com

JAKARTA,fokusnusatenggara.com – Sejak ditetapkannya calon tunggal Kapolri Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka oleh KPK, hubungan antara KPK dan Polri menjadi memanas. Terlebih tak lama setelah itu Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto ditangkap dan ditetapkan menjadi tersangka oleh Bareskrim Mabes Polri.

Deputi Pencegahan KPK Johan Budi mengatakan, konflik yang terjadi antara KPK dan POlri ini bukamlah semata konflik antar lembaga. Namun ada persoalan antar orang per orang di KPK dan POlri.

“Kami sendiri meyakini, kalau ini bukan hanya persoalan lembaga KPK maupun Polri. Tapi ada orang-orang di Polri sendiri maupun orang-orang di KPK yang punya persoalan, sehingga ini direduksi menjadi seolah-olah persoalan lembaga yang genting antara KPK dan Polri. Pengalaman kemarin hubungan KPK dan polri itu sangat baik,” ujar Johan Budi di Gedung KPK, Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (7/2/2015).

Johan mengatakan, KPK dan Polri pernah bekerjasama untuk menuntaskan kasus korupsi. Kerjasama yang baik ini bahkan bisa mengembalikan kerugian mnegara yang sempat dicuri senilai Rp 23 triliun.

“Saya sendiri di Bidang Deputi Pencegahan, pada saat kasus Minerba (mineral, energi dan batubara) banyak yang bisa disumbangkan ke negara. Ada Rp 23 triliun kalau tidak salah berkaitan dengan minerba, yang merupakan kerjasama KPK, Polri dan Pajak,” katanya.

“Saya kira kerjasama yang sudah semakin besar ini tiba-tiba saja dirusak oleh persoalan satu dua orang, baik itu yang ada di polri maupun yang ada di KPK. Karena itu Bapak Presiden Jokowi bisa menghormati sebagai kepala pemerintahan maupun kepala negara segeralah turun tangan dan konkret karena tentu ketika persoalan ini Pak Jokowi turun tangan bisa segera selesai,” tambah Johan.

“Saya yakin kalau Pak Jokowi juga punya isyarat yang baik,” tambahnya lagi.

Sumber : detik.com- http://news.detik.com/read/2015/02/07/203312/2826607/10/konflik-kpk-polri-johan-budi-ini-masalah-orang-per-orang?991104topnews

Comments
Loading...