Kemenlu Benahi Taman Makam Pahlawan di Timor Leste

0
112

DILI, fokusnusatenggara.com / 24 Juli 2019

Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia ( KBRI ) di Timor Leste akan membenahi 12 taman makam pahlawan yang tersebar di Negara bekas Provinsi Indonesia ke 27 ini. Para jasad para pahlawan ini akan direlokasi menjadi tiga lokasi saja.

“ Kami akan membenahi taman makam pahlawan peninggalan Indonesia yang tersebar di dua belas lokasi. Kami akan membuatnya menjadi tiga lokasi. Saat ini lagi dalam proses ,” kata Dubes RI untuk Timor Leste, Sahat Sitorus kepada fokusnusatenggara.com ( 22/3).

Dia merincikan di Taman Makam Pahlawan ( TMP ) Suai Covalima terdapat 49 makam, Maliana 27 makam, Baucau ada dua lokasi yakni Tiulale 218 makam, Kailara 313 makam, Dili sebanyak 697 makam dan Haliwen 17 makam.

“ Khusus dua lokasi TMP di Baucau, Tiulale dan Kairala akan digabung jadi satu lokasi. Sementara yng di Suai dan Maliana akan dipindahkan ke TMP Seroja Haliwen Atambua ,” jelas Sihat Sitorus.

Menjawab pertanyaan Gatra.Com soal kondisi makam para pahlawan Indonesia di Timor Leste saat ini, Sahat Sitorus menyebutkan kondisinya sangat memprihatinkan. “ Kondisi makam para pahlawan kita saat ini sudah memprihatikan. Ada yang makamnya sudah rusak, ada pula yang tinggal batu nisan nya saja. Karena itu kami berupaya membenahi ,” jelas Sahat Sitorus.

Pihak Kedubes RI Dili kata Sitrus melalui kementrian Luar negeri terus membangun komunikasi dengan instansi berkompoten di Jakarta soal pemindahan, relokasi makam para pahlawan Indonesia ini. “ Kami sudah membangun komunikasi dengan instansi berkompoten soal relokasi makam ini. Prinsipnya mereka sepakat dengan kami ,” ujar Sahat Sitorus.

Soal relokasi makam paravpahlawan Indonesia ini menjadi tiga lokasi ungkap Sitorus agar memudahkan pengontroalannya. “ Kami merelokasi menjadi tiga bagian ini untuk memudahkan pengontroalannnya. Selain itu juga memudahkan untuk ziarah ,” ungkap Sihat Sitorus. ( Usif).


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here