Kemenlu Akan Membuka Sekolah Indonesia Di Timor Leste

0
439
Loading...

DILI, fokusnusatenggara.com / 24 Juli 2019

Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia ( KBRI ) di Timor Leste akan akan membuka sekolah Indonesia untuk para anggota WNI yang saat ini menetap di negara bekas Provinsi Indonesia ke 27 ini.

“ Kami sudah menguusulkan ke Jakarta untuk membuka sekolah Indonesia untuk anak –anak Indonesia yang berada di Timor Leste. Yang pertama tentunya kami membuka dulu untuik sekolah dasar berikutnya baru sekolah menengah pertama,” kata Dubes RI untuk Timor Leste, Sahat Sitorus kepada fokusnusatenggara.com ( 22/3).

Dia menyebutkan untuk tahap pertama sesuai rencana tentunya akan dibuka pendidikan sekolah dasar ( SD ) di beberapa Distrik / Kabupaten yang ada.

“ Kami sudah ajukan proposal daan saat ini dalam proses untuk di acc. Secara lisan sudah ok. Karena itu kami targetkan untuk tahun depan sudah bisa beroperasi. Ini untuk menampung anak –anak WNI yang sekarang berada di Timor Leste ,” jelas Sahat Sitorus.

Karena belum ada sekolah Indonesia jelas Sahat Sitorus saat ini banyak warga Negara Indonesia di Timor leste yang memilih menyekolahkan anak –anaknya di Indonesia terutama Kabupaten yang berbatasan dengan Timor Leste seperti TTu, Belu, Malaka.

“ Banyak orang tua yang memilih menyekolahkan anak –anaknya di Indonesia terutama Kabupaten yang berbatasan lanagsung dengan Timor Leste yakni NTT. Anak –anak itu dititipkan pada sanak keluarga mereka ,” kata Sahat Sitorus.

Pemerintah Timor Leste kata Sahat Sitorus juga mendukung pembukaan sekolah Indonesia. Bahkan meminta untuk mengakomodir anak-anak Timor Leste yang bakal melanjutkan pendidikan ke Indonesia.

“ Pemerintah Timor Leste juga mendukung untuk mendirikan sekolah Indonesia. Mereka juga mengizinkan jika anak –anak Timor Leste yang mau sekolah. Terutama yang bakal akan melanjutkan pendiidikan tinggi di Indonesia,” ujar Sahat Sitorus.

Sahat Sitorus juga menyebutkan ada Perguruan Tinggi di Timor Leste yang kuliahnya menggunakan bahasa Indonesia. “ Ada Perguruan Tinggi di Dili yang mengggunakan bahasa Indonesia yakni Unpaz. Saya juga sering diminta beri kuliah umum disana ,” pungkasnya. (Usif).


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here