Wagub NTT Lepas Peziarah Semana Santa

0 45

Kupang, fokusnusatenggara.Com/18 April 2019

Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi meminta para peziarah untuk berdoa secara khusus bagi perdamaian di Indonesia. Juga untuk kebangkitan NTT ke depannya.

“Mari kita hadapi Paskah ini dengan sukacita. Kita berdoa supaya Indonesia ini damai. Tadi pagi kita sudah melakukan pemilihan, mudah-mudahan siapapun yang menang diterima oleh seluruh rakyat. Suara rakyat adalah suara Tuhan, Vox Populi, Vox Dei ,” jelas Wagub Josef Nae Soi saat melepas para peziarah dari pulau Timor yang akan mengikuti prosesi Semana Santa di Larantuka di atas Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Lakaan,Pelabuhan Bolok, Rabu (17/4).

Lebih lanjut Wagub Nae Soi menjelaskan seturut asal-usul katanya, Semana Santa berarti pekan suci. Saat di mana umat Kristiani diminta melakukan permenungan secara mendalam tentang makna penderitaan dan kematian Kristus.

“Hari ini di atas kapal selama perjalanan, saya harap bapa dan mama serta saudara sekalian jaga kebersihan juga lakukan refleksi. Lakukan permenungan satu atau dua jam seturut kemampuan dalam situasi hening atau silentium,” harap Wagub Nae Soi.

Menurut Wagub Josef Nae Soi, saat keberangkatan para peziarah yang bertepatan dengan Rabu Trewa harus dimaknai dan direflesikan secara lebih mendalam. Tanpa Tuhan, manusia sehebat apapun tak ada artinya apa.

“Sekali lagi tolong lakukan refleksi kritis. Juga tolong berdoa bagi perjuangan kita untuk kebangkitan NTT ke depannya. Paskah dan Kebangkitan Kristus merupakan inti iman Kristiani. Sehebat apapun usaha kita, tanpa campur tangan Tuhan tak dapat berarti sama sekali,” jelas Wagub.

Di akhir arahannya, Wagub berharap agar umat Kristiani sungguh mewujudkan imannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Selamat berwisata rohani, selamat berwisata doa demi kemajuan NTT dan Indonesia. Jadilah sekaligus umat kristiani seratus persen juga warga negara Indonesia yang seratus persen,” pungkas Wagub Nae Soi.

Sementara itu, Stany Laurens, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTT dalam laporannya menjelaskan Pemerintah Provinsi NTT menyediakan dan menfasilitasi satu kapal Ferry khusus bagi umat Kristiani di Kota Kupang dan sekitarnya yang mau mengikuti prosesi Semana Santa di Larantuka. Sekaligus untuk mempromosikan wisata rohani tersebut. “Para peziarah yang diberangkatkan berjumlah 600 orang. Mereka diberangkatkan dari Bolok pada 17 April dan akan kembali pada hari Minggu 21 April,” kata Stany Laurens.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut unsur Forkopimda Provinsi NTT, Pimpinan ASDP Cabang Kupang, Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi NTT. ( Usif)

Comments
Loading...