Terbukti Bersalah, Camat Raihat Akan Ditindak Tegas

0 43

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Camat Raihat, Kabupaten Belu-NusaTenggara Timur (NTT), Mikhael K Leon, terbukti bersalah menyalah gunakan kewenangan sebagai pejabat daerah, dengan mengeluarkan nota dinas untuk kepentingan politik, akan diberikan sanksi administrasi sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“ Kita akan berikan sanksi administrasi kepada yang bersangkutan, sesuai dengan aturan yang berlaku dalam Undang-Undang ASN, dan sanksi tertitingi adalah pemecatan,” jelas Sekda Kabupaten Belu, Petrus Bere, ketika dikonfirmasi media ini siang tadi.

Bere juga menegaskan, persoalan yang dialami Camat Raihat, harus menjadi pembelajaran dan peringatan keras  bagi seluruh pegawai negeri di lingkup pemerintahan Kabupaten Belu. Pasalnya, dalam aturan sudah jelas agar PNS/ASN dilarang ikut dalam politik praktis.

“Kalau mau terjun langsung dIMG_1874an bermain dalam politik praktis, silahkan ajukan pengunduran diri dan kita akan respon,” tegasnya.

Secara terpisah, Andre Parera, Ketua Panwaslu Kabupaten Belu menjelaskan, proses pemeriksaan terhadap Mikhael K Leon, Camat Raihat sudah selesai. Dalam pemeriksaan tersebut, berdasarkan pengakuan Mikhael K Leon, dirinya benar yang mengeluarkan surat tersebut.

“ Kami sudah periksa, dan dia mengakui surat itu yang dia buat sendiri,” jelanya.

Parera menambahkan, dalam rekomendasi ke Pemkab Belu, berdasarkan rincian kajian terkait kasus itu ditemukan bukti dari saksi dan dari Panwas ditemukan dugaan pelangaaran terhadap Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Oleh karena itu kami merekomendasikan ke Pemkab untuk berikan sanksi dan menindaklanjuti sesuai temuan kami sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, camat Raihat, Mikhael K Leon, memberikan nota dinas kepada Kepala Desa Tohe Leten, untuk menyalurkan sejumlah uang kepada tim relawan NKRI, yang diduga kuat sebagai salah satu pasangan calon yang akan maju bertarung dalam Pilkada Belu. (Laporan : JeOt)

 

Comments
Loading...