ads

Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Tak Lazim, Begini Cara Desa Kateri Bagi BLT DD

  • Bagikan

BETUN,fokusnusatenggara.com- Lazimnya penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) selalu diserahkan secara langsung kepada masyarakat penerima. Tetapi, hal ini tidak berlaku bagi Pemerintah Desa Kateri, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Oleh Pemdes Kateri, penyaluran BLT DD tahap kedua dan ketiga dilakukan dengan cara transfer ke rekening penerima, melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Betun. Menurut Penjabat Desa Kateri, Simon Klau, penyaluran melalui rekening BRI bertujuan untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas penyaluran ini.

“Pembagian BLT lewat buku tabungan ini memang tidak ada aturannya. Ini hanya masalah praktis saja untuk menghindari potongan-potongan yang tidak diinginkan,”  ujarnya kepada wartawan di Betun, 7 Agustus 2020.

Baca Juga :  Masalah Air Bersih di NTT Akan Tuntas Pada Tahun 2020

Ditambahkanya, selain untuk transparansi dan akuntabilitas, penyaluran BLT DD lewat rekening ini agar menumbuhkan kesadaran masyarakat Desa Kateri untuk gemar menabung. Dengan menabung, mereka bisa mengelolah keuangan rumah tangga dengan baik.

“ ini juga sebagai bentuk edukasi buat mereka agar bisa menabung. Sebab dengan menabung, mereka bisa dengan tertib mengelolah keuangan untuk kebutuhan hidup dalam rumah tangga,” ungkapnya.

  • Bagikan