Tahun ini, Satker PKPP NTT Kelolah Dana 49 M

0 54
Bangunan Kumuh di sudut Kota Kupang NTT* Sumber : nttonline.com
Bangunan Kumuh di sudut Kota Kupang NTT* Sumber : nttonline.com

KUPANG, fokusnusatenggara.com- Tahun ini Kementerian Pekerjaan Umum (PU), melalui Satuan Kerja (Satker), Pengembangan Kawasan Permukiman dan Perbatasan NTT, mendapat alokasi anggaran dari APBN murni sebesar 49 Milliar.

Dari total dana tersebut, dibagi menjadi 20 Milliar untuk kegiatan pembangunan kawasan pedesaan dan perbatasan yang meliputi desa Agropolitan dan Megapolitan, 24 Milliar untuk kawasan kumuh perkotaan, serta sisanya 5 Milliar utu belanja pegawai.

Penjelasan ini disampaikan Kepala Satker Pengembangan Kawasan Permukiman dan Perbatasan NTT, Kementerian PU, Yublina Bunga, ST.MT, kepada fokusnusatenggara.com, siang tadi. Menurutnya, penetapan dana APBN reguler untuk unit kerjanya memang menurun dari jumlah yang diminta ke pemerintah.  Namun dengan dana tersebut pihaknya akan memaksimalkan seluruh kegiatan di bidang pemukiman perbatasan dan perkotaan.

“ Kita usul 60 Milliar. Namun realisasi hanya 49 Milliar saja. Kita berharap semoga ada tambahan dari APBNP atau dana bantuan dari kementerian untuk memaksimalkan seluruh kegiatan yang diusulkan tahun ini,” jelasnya.

Untuk program pedesaan dan perbatasan menurutnya, tahun ini fokus kegiatan di Kabupaten Belu, Timor Tengah Utara (TTU) dan Alor. Sedangkan untuk kegiatan Pemukiman Kumuh Perkotaan meliputi Kota Kupang. Sedangkan Kabupaten Kupang memang selama ini tidak diusulkan.

“Kabupaten Kupang memang sudah beberapa tahun ini tidak masuk dalam usulan kami. Padahal Kabupaten Kupang juga termasuk daerah yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Kendalanya ada di pemerintah dan DPRD kabupaten Kupang, yang hingga saat ini belum memasukan daftar Rencana Tata Ruang dan Wilayah Kabupaten Kupang, sehingga belum dilakukan penetapan,” jelasnya.  ( Laporan: Leonardo Jeffry)

Comments
Loading...