Sosialisasi & Pelatihan Pengelolahan Sampah Plastik menjadi Paving Block di Kab. Kupang

0
417
Loading...

Kupang 23/08/19, fokusnusatenggara.com. Sosialisasi & Pelatihan Pengelolahan Sampah Plastik menjadi Paving Block di Kab. Kupang

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, SH, M.Th mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengolahan sampah plastik menjadi paving block dikabupaten kupang. Hadir juga Rektor Undana Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si., Ph.D  bersama istri Grace Yusnani Benu-Alle,Tim Dosen Pelatihan Undana Kupang, Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Paternus Vinsi,
Serta sejumlah Camat dari beberapa Kecamatan diantaranya Camat Kupang Timur, Camat Kupang Tengah, Camat Fatuleu, Camat Amfoang Barat Daya, Camat Takari, Camat Amabi Oefeto, dan Sekcam Sulamu, bertempat di kantor camat Kupang Timur (22/08/2019) .

Rektor Undana, Fred Benu dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran mereka sebagai Universitas bukan hanya untuk bergerak pada bidang pendidikan saja tetapi juga mempunyai tanggung jawab dalam penelitian dan pengabdian. Karena itu Kemampuan Iptek yang dimiliki ini harus dimanfaatkan untuk membantu masyarakat khususnya masyarakat kabupaten kupang. Dijelaskannya pada pengabdian kali ini dibuat temuan baru dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi paving blok dan papan dengan 2 telnologi yakni paving block (2 buah) dan manual paving  (20 buah). Rektor Fred mengucapkan terimakasih kepada Bupati , Wabup, camat serta jajarannya dan masyarakat karna hari ini kita akan sosialisasi teknologi yang kita hasilkan. Benu juga mengatakan bahwa ada sejumlah dana desa yang bisa dimanfaatkan oleh Bungdes untuk dikelola sebagai suatu usaha ekonomi produktif ditingkat masyarakat. Oleh karena itu dirinya mengharapkan partisipasi dari masyarakat untuk mengikuti pelatihan ini sampai selesai untuk mengatasi persoalan sampah plastik.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dalam sambutannya sekaligus membuka dengan resmi sosialisasi dan pelatihan mengatakan apresiasi atas kerjasama dan dukungan bahwa dengan Undana. “Saya sangat bersyukur kepada Tuhan bahwa Kabupaten Kupang pada waktu ini terus mengalami peningkatan”. Oleh sebab itu Wabup Jerry sangat mengharapkan agar para Camat dan seluruh lapisan masyarakat mendukung setiap kegiatan pembangunan agar ada nilai tambah ekonomi. Ditambahkannya bahwa Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dengan begitu gigihnya menarik investor untuk dapat melihat dan berinvestasi diwilayah kita.
Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengucapkan terima kasih kepada Rektor Fred Benu bersama jajarannya karena Kabupaten Kupang bisa menjadi pilot project untuk yang lain bisa melihat bagaimana sampah plastik bisa diolah menjadi paving block dan papan. Bupati dan Wabup berencana agar kantor Bupati Kupang juga menggunakan paving block. Kita masyarakat Kabupaten Kupang kita harus bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan dan kita sangat menghargai pemberian dan apa yang digagaskan oleh Undana yang sudah menaruh perhatian besar kepada Kabupaten Kupang.
Dirinya menghimbau agar jangan sampai disini saja pengolahan sampah plastik menjadi paving block dan papan tapi mari kita para camat, lurah dan masyarakat, kita jalankan dengan baik, bukan hanya di Kupang Timur melainkan bisa sampai ke Amfoang agar masyarakat kita juga tahu tentang Undana dan pelatihannya. (Usif)


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here