Siaga Cacar Monyet, Bandara Siapkan Thermogun

0 43

Kupang, Kupang, nusatenggara.com / 18 Mei 2019.

Menanggapi permasalahan penyebaran penyakit menular Cacar Monyet atau Monkey Pox PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara El-Tari Kupang menggandeng Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP ) Kupang melakukan sosialisasi dan pemeriksaan di Bandara El-Tari Kupang. Kantor Kesehatan Pelabuhan, Jumad 17 Mei 2019.
Sosialisasi ini mengingat Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai Provinsi yang banyak penduduknya menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang bekerja di Luar Negeri.
“Sebagai penyedia jasa kebandarudaraan kami sangat memperhatikan kenyamanan dan keselamatan penumpang. Dengan mencuatnya penyebaran penyakit menular ini tentu kami akan waspada, apalagi Bandara El-Tari merupakan gerbang utama datangnya penumpang dari luar negeri” ungkap Budi Rano Airport Operation and Technical Senior Manager Bandara El-Tari.

Sosialisasi ini kata Budi Rano, dilaksanakan oleh Dr. Regina dan Dominggus Lenda Epidomolog Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP ) kepada Ground Handling dan Airlines yang sering melakukan kontak langsung kepada para penumpang dan barang.

“ Sementara pemeriksaan rutin dilakukan di terminal kedatangan Bandara El-Tari Kupang dengan menggunakan Thermo Gun. Dengan alat ini petugas pemeriksa tidak berkontak langsung dengan penumpang demi mencegah pencemaran Virus tersebut ,” jelas Budi Rano.
Menurut Budi Rano, Monkey Pox adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang disebabkan oleh hewan berambut seperti Tikus, Monyet, Kucing dan hewan berambut lainnya, penyebarannya dapat melalui kontak langsung, kontak darah dan cairan tubuh, serta melalui udara. “ Virus Monkey Pox dapat dicegah dan dihindari dengan menghindari kontak langsung dengan orang yang terjangkit dan menjaga kebersihan ,” katanya. (Usif)

Comments
Loading...