Sekda Harus Merangkul Dan Berkoordinasi Dengan Semua Pimpinan OPD

0
128
Bupati Nagekeo Johanes Donbosco Do
Loading...

Mbay, fokusnusatenggara.com / 24 Oktober 2019

Seorang Sekretaris Daerah ( Sekda ) diharuskan dapat merangkul dan berkoordinasi dengan semua pimpinan organisasi perangkat daerah ( OPD ). Selain itu harus membangun komunikasi dengan DPRD untuk pembahasan APBD 2020.

“ Ada Pekerjaan rumah ( PR ) yang harus diselesaikan oleh Sekda yakni mempercepat perubahan APBD dengan DPRD. Karena itu segera berkoordinasi dengan dengan pimpinan OPD untuk bisa segera menuntaskan ,” kata Bupati Nagekeo Johanes Donbosco Do ketika melantik dan mengambil sumpah Lukas Mere sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Nagekeo ( 22/10 ).

Selain segera menuntaskan perubahan APBD, lanjut Bupati Johanes Donbosco Do Sekda juga harus segera mengkoordinir para pimpinan OPD untuk menindak lanjuti LHP BPK tahun 2018. Itu penting karena temuan LPH itu memberikan jangka waktu 6 bulan sudah harus diselesaikan

“ Selain memproses percepatan perubahan APBD, tak kalah penting juga segera komunikasi, koordinasi dengan para pimpinan OPD untuk segera menindaklanjuti LHP BPK. Dalam LHP itu banyak temuan –temuan untuk segera diatasi. Antaranya penyalagunaan keuangan di OPD dan lainnya. Temuan BPK itu hanya diberi tolerasni waktu enam bulan saja. Jika ada temuan segera buat surat pernyataan dari masing-masing yang punya temuan itu untuk segera dituntaskan dalam jangka waktu tersebut ,” jelas Johanes Donbosco Do.

Dengan adanya Sekda baru jelas Johanes Donbosco Do dapat memberikan warna baru pada reformasi birokrasi, menciptakan inovasi-inovasi pada pelayanan publik.

“Dengan dilantiknya Sekda yang baru ini diharapkan dapat memberikan warna baru pada reformasi birokrasi, menciptakan inovasi-inovasi pada pelayanan publik. Untuk yang sudah baik, mari dipertahankan dan jika ada yang kurang, segera diperbaiki,” ujarnya.

Di samping itu, lanjut Bupati Johanes Donbosco Do perbaikan bukan hanya pada reformasi birokrasi dan pelayanan publik, harus memperhatikan visi miisi Bupati dan Wakil Bupati.

“ Tolong juga semua program pembangunan sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati. Koordinasi dengan semua pimpinan OPD mana yang sudah dilaksanakan, mana yang sementara dan mana yang belum. Kendalanya apa dimana harus segera didiskusikan bersama. Saya tahu Pak Lukas mampu karena pernah menjadi Camat dan kepala Dinas ditanah oranng. Jadi tidak diragukan ,” kata Johanes Donbosco Do.

Hadir Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do, Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja, Ketua DPRD Nagekeo Marselinus F. Ajo Bupu, Wakil Ketua 1 DPRD Nagekeo, Yos Dhenga, Anggota DPRD Nagekeo, Waka Polres Ngada Kompol Erik Say Nono, Dandim 1625 Ngada, Sekda Ngada, Sekda Ende, Pimpinan OPD lingkup Pemda Nagekeo, Pimpinan BMUD, serta undangan lainnya.


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here