Puluhan Ternak Sapi Mati Mendadak

0 62

sapiKEFAMENANU,fokusnusatenggara.com- Puluhan ternak sapi milik warga tiga desa di Desa Hauteas barat, Kecamatan Biboki Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara-NTT mati mendadak di padang gembalaan. Dari gejala klinis, dugaan kuat puluhan sapi yang mati mendadak ini terindikasi menderita Anthrax.

Bahkan para peternak, dalam sehari bisa kehilangan 3 sampai 4 ekor sapi yang mati. Kejadian ini sontak membuat pemerintah dan warga panik. Pasalnya kalau tidak segera diantisipasi, bisa-bisa ternak sapi didaerah ini akan punah.

Menurut Moses Ampolo, salah seorang warga yang 6 ekor sapinya ikut mati mengisahkan, kejadian ini bermula pada saat dirinya mendapati kelainan pada fisik ternaknya. Dimana adanya pembengkakan pada bawah leher, kulit sapi berubah, tumpuan kaki tidak kuat,  mengalami sesak napas dan kejang hingga mengeluarkan busa dari mulut dan berakhir mati.

Menanggapi hal ini, pemerintah Kabupaten TTU-NTT melalui Dinas peternakan, langsung mengumumkan status siaga atas bencana ini. Beberapa sapi yang mati sementara di uji laboratorium hewan di Kupang-NTT. (Laporan : Sony Taolin)

Comments
Loading...