Polres Malaka Siap Beroperasi Pemkab Siapkan Tempat Untuk Kantor

0
184
Stef Bria Seran
Loading...

Kupang, fokusnusatenggra.com / 8 Desember 2019

Bupati Malaka Stef Bria Seran menyambut baik keputusan pemerintah pusat tentang pembentukan Polres Malaka. Karena idealnya sebuah Kabupaten itu harus lengkap sejumlah instansi vertikalnya.

“ Saya apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan kami Polres baru. Kami akan mendukung sepenuhnya antaranya menyiapkan lahan dan bantuan lainnya ,” kata Stef Bria Seran kepada awak media ( 8/12).

Dia menyebutkan untuk meralisasi bantuan tahap pertama ini pihaknya menyiapkan tiga lokasi sebagai kantor sementara Polres Malaka yakni Kantor lama DPRD Malaka, Puskesmas lama Betun dan Polsek Malaka Tengah yang lahannya bakal dijadikan gedung Polres..

“ Bulan Januari 2020 mendatang Polres Malaka sudah harus beroperasi. Langkah pertama yang kami lakukan adalah memberikan bantuan meminjamkan sarana gedung untuk digunakan sebagai Kantor Polres sementara. Salah satunya gedung Puskesmas lama Betun, karena mereka sudah berkantor di Puskesmas yang baru. Saat ini gedung tersebut sementara kami benahi dan rapihkan ,” jelas Stef Bria Seran.

Dia mengrarapkan agar setelah beroerasi Januari 2020 mendatang, agar Polsek Malaka Tengah di Betun dapat dipindahkan ke Desa Aintasi, masih dalam wilayah Kecamatan yang sama.

“ Maunya kami kalau sudah ada Polres Malaka di Betun, maka Polsek Malaka Tengah dapat dipindahkan ke Desa Aintasi bersama beberapa desa untuk melayani masyarakat disana. Tetapi soal ini tentunya bukan ranah kami tetapi Kapolda. Tentunya kami akan minta secara resmi tetapi keputusan sepenuhnya ditangan beliau ,” ujar Stef Bria Seran.

Sebagaimana diberitakan fokusnusatenggara.com sebelumnya bahwa Kapolri telah mengeluarkan keputusan untuk lima pejabat sementara Kapolres baru di NTT. Keputsan itu tertuang dalam dalam Surat Telegram Mabes Polri nomor ST/3234/XII/KEP tertanggal 6 Desember 2019.

Mereka adalah adalah AKBP Albertus Neno ditunjuk menjabat PS Kapolres Malaka, AKBP Nugroho Arie Suswanto SH sebagai PS Kapolres Manggarai Timur, AKBP Agustinus Hendrik Fai SH sebagai PS Kapolres Nagekeo, AKBP Jakob Seubelan sebagai PS Kapolres Sabu Raijua dan AKBP Joseph Mandagri sebagai PS Kapolres Sumba Barat Daya.

Soal kelengkapan personil Kabis Humas Polda NTT AKBP Johanes Bangun menyebutkan saat ini sementara diproses. “ Untuk jabatan Wakapolres dan para Kasat, Kabag saat ini sementara diproses. Selesai proses, Pak Kapolda akan mengeluarkan TR, SK sehingga mereka sudah akan bertugas ditempat yang baru januari 2020 mendatang,” jelas AKBP Johanes Bangun.

Dengan tambahan lima Polres baru ini ujar AKBP Johanes Bangun, maka NTT sudah memiliki 21 Polres dari 22 Kabupaten/Kota yang ada. Kelimanya adalah Polres Sabu Raijua, Polres Malaka, Polres Nagakeo, Polres Manggarai Timur dan Polres Sumba Barat Daya.

“Satu – satunya Kabupaten yang belum mendapatkan Polres baru adalah Sumba Tengah. Kabupaten bungsu di NTT ini masih akan tetap berada dibawah kendali Polres Sumba barat,” sebut AKBP Johanes Bangun.


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here