Perlu Konsilidasi, Membangun Raksasa Yang sedang Tidur

0 48

Mbay,fokusnusatenggar.com / 2 Mei 2019.

Saat sekarang ini perlu konsolidasi untuk bersama membangun NTT yang dianalogikannya sebagai raksasa yang sedang tidur. NTT punya banyak potensi, tapi belum dikelola maksimal. Beberapa daerah contoh disebutnya menjadi hebat karena kemampuan mereka membangun konsolidasi internal.

“ Kita ini hebat-hebat tapi belum mampu konsolidasi. Kita perlu konsolidasi kekuasaan, konsolidasi anggaran dan konsolidasi informasi. Mari kita bangun sejarah baru, buat daerah jadi lebih hebat lagi. Mari kita bersama bembangun NTT yang diibaratkan membangunkan raksasa yang sementara tidur ,” kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat ketika memberikan arahan kepada para ASN di Kabupaten Nagekeo ( 1/5).

Secara khusus kepada para ASN, Viktor Bungtilu Laiskodat mengajak para ASN untuk mendukung kepemimpinan pasangan Bupati Dr.Johanes Don Bosco dan Marianus Waja,SH. “ Saya harapkan tidak lagi ada kesetiaan ganda karena urusan politik. Pilkada sudah berlalu. Bupati dan Wakil Bupati baru saja dilantik. Tolong beri dukungan dan lupakan kubu ini dan itu ,” kata Viktor Bungtilu Laiskodat.

Lebih lanjut kepada para ASN , Gubernur Viktor menegaskan untuk mengutamakan dua fungsi pemerintah yakni sebagai regulator dan fasilitator. “Seorang aparatur itu tuannya adalah aturan. Perhatian ketentuan perundangan dan mulai berpikir out of the box ,” jelas Viktor Bungtilu Laiskodat.

Selain itu Gubernur juga minta para ASN untuk mendukung aktivitas Dekranasda dan PKK di daerah. “ Tolong kalian juga mendukung Dekranasda dan PKK. Karena keduanya berkiprah membangun daerah dan struktur organisasnya sampai hingga ke Desa ,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi NTT, Anwar Pua Geno mengungkapkan dirinya merasa bangga bisa mendampingi Gubernur dalam kunjungan pertamanya di Kabupaten Nagekeo. Sebagai mitra pemerintah, DPRD NTT akan terus mendukung setiap program maupun inovasi-inovasi baru yang dicanangkan oleh Gubenur. Banyak Program Gubernur telah memberikan dampak positif terhadap masyarakat.

”Kalau bapak ibu lihat pak Gubernur berpidato, terus saya banyak angguk-angguk itu artinya cocok dan setuju. Itu biasanya palu persetujuannya cepat. Tapi kalau bapak ibu lihat saya garuk-garuk kepala, itu artinya perlu didiskusikan lagi kata Pua Geno yang mulai menyapa hadirin dalam bahasa inggris, karena ingat dengan Program English Day setiap Hari Rabu.

Tujuh orang ASN dalam dalam sesi diskusi meminta perhatian Gubernur NTT terhadap persoalan kinerja pemerintah, infrastrusktur dan pemberdayaan. Mereka menyebutkan pentingnya ketersedian air untuk petanian, bandara, pelabuhan, jalan dan irigasi pertanian. (Usif)

Comments
Loading...