Pemprov NTT Minta Bupati Walikota Siapkan Karantina Tepusat Tampung PMI

0 1.426

KUPANG, fokusnusatenggara com / 26 Mei 2020
Lima Ribu pekerja migran Indonesia ( PMI ) dari berbagai negara akan tiba di NTT awal Juni 2020 yang akan datang. Untuk itu Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat minta para Bupati/ Walikota siapkan lokasi karenatina terpusat untuk tamping mereka.
“ Sesuai data sementara yang kami terima akan tiba para pekerja migran Indonesia /TKI/TKW asal NTT yang akan tiba awal Juni 2020 mendatang. Untuk itu saya minta para Bupati dan Walikota menyiapkan lokasi karantina terpusat untuk tampung mereka ,” kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat rapat virtual dengan para Bupati/ Walikota se NTT ( 26/5).
Karanbtina terpusat tersebut jelas Viktor Bungtilu Laiskodat, disiapkan agar para tenaga kerja asal NTT yang pulang itu untuk diperiksa kesehatannya. Pemeriksaan kesehatan secara ini me3nyangkut Corona, Covid-19.
“ Jadi begitu mereka tiba dijemput langsung dikarantina terpusat. Tim gugus Covid -19 langsung memeriksa kesehatan mereka. Yang statusnya PDP langsung diponame dirumah sakit sesuai standar Covid-19. Sementara yang reaktif dikarantina terpusat untuk diikuti perkembangannya ,” jelas Viktor Bungtilu Laiskodat.
Saat mereka dikarantina terpusat lanjut Gubernur Viktor agar para tim gugus Covid -19 terus malakukan sosialisasi kepada masyarakat asal Desa pekerja migrant tersebut. Ini untuk memberi pemahaman kepada warga untuk menghindari hal –hal yang tidak diinginkan.
“ Jangan seperti yang terjadi selama ini. Ada masyarakat di Desa yang mengusir orang yang baru pulang dari daerah terpapar, zona merah. Bahkan yang bersangkutan bersama keluarganya di Desa tersebut diungsikan kedalam hutan. Jadi tolong edukasi warga ,” jelas Viktor Bungtilu Laiskodat.
Karena itu harap Viktor Bungtilu Laiskodat agar warga setempat diedukasi dengan baik. Karena walaupun TKI/TKW baru pulang dari luar negeri tetapi jika sudah melewati masa karantina terpusat dan jika tidak ada gejala Covid -19 baru tim gugus Covid memulangkan ke kampung halamannya.
“ Jadi harap para Bupati / Walikota agar melalui Camat dan Kepala Desa /Lurah memberikan pemahaman yang baik pada warganya. Terimalah dengan baik jika para PMI itu dipulangkankan tim gugus Covid ke rumahnya. Karena sudah sudah jelas tanpa gejala baru dipulangkan ,” tandas Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat

Comments
Loading...