Pemkab Kupang Selenggarakan Loma Pacuan Kuda Dan Kuda Hias

0
122
Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe
Loading...

Kupang, fokusnusatenggara.com / 23 Oktober 2019

Pemerintah Kabupaten Kupang kembali menggelar Lomba atraksi Pacuan Kuda dan Lomba Kuda Hias Tahun 2019 memperebutkan Piala Bupati Kupang. Acara tahunan Pemkab Kupang ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe di Lapangan Pacuan Kuda Lifubatu Babau Kupang Timur ( 22/10).

Hadir pada Pembukaan kegiatan tersebut Unsur Formkompimda Kab. Kupang diantaranya Kajari Oelamasi Sherly Manutede, Kapolres Kupang Indera Gunawan, Ketua Pengadilan Decky Safe Nitbani, Dandim 1604 Kupang Kol. Arh I Made Kusuma Dhyana Graha dan pimpinan Opd Lingkup Pemkab Kupang.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dalam sambutannya menyatakan apresiasi atas pelaksanaan lomba Pacuan Kuda dan lomba kuda hias tahun 2019 ini.

“ Lewat lomba Pacuan Kuda piala Bupati Tahun 2019 diharapkan memberikan semangat baru bagi pecinta kuda dalam upaya meningkatkan populasi dan pemeliharaan kuda masyarakat. Selain itu menjadi sebagai ajang pengembangan dan promosi pariwisata di Kabupaten Kupang ,” kata Jerry Manafe.

Dia menyatakan perlombaan pacuan kuda berawal dari semangat dan harapan mengembangkan ternak kuda di Kabupaten Kupang sekaligus menjadi ajang penyaluran hobi berkuda yang dimiliki masyarakat.

“Berbicara dunia pariwisata, kita tidak terbatas soal destinasi unggulan berupa potensi wisata alam sebagai daya tarik, tetapi tidak kalah penting kita promosikan adalah pacuan kuda sebagai potensi budaya minat khusus guna menarik wisatawan dari luar,” ungkap Jerry Manafe.

Dirinya berharap untuk kedepan event seperti ini dapat terus dilaksanakan dengan baik dan melibatkan banyak kuda dari berbagai daerah. Selain kepada Panitia perlu kolaborasi bersama banyak pihak untuk meningkatkan jumlah hadiah dan kapasitas lomba hingga bersakala Nasional.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkerja keras, kita harapkan tahun mendatang acara ini lebih meriah, dengan hadiah yang baik dan berskala nasional sehingga menarik minat pencinta kuda dari daerah lain untuk ikut berpartisipasi,” jelas Jerry Manafe.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang Piter Sarneno dalam laporannya menyatakan Perlombaan pacuan kuda tahun 2019 diikuti oleh 169 Kuda dari berbagai Daerah diantaranya dari Kota/Kabupaten sedaratan Timor, Rote, Sabu.

Berbagai kelas yang dilombakan diantaranya Kelas Pemula Lokal Timor, Kelas D, Kelas A Super/Open, Kelas B. Acara lomba pacuan kuda ini sendiri berlangsung selama 7 hari mulai tanggal 22 s/d 27 Oktober 2019 bertempat di Lapangan Pacuan Kuda Lifubafu Babau Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang.


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here