Pemda Malaka Bangun Deker Cegah Banjir Di Oanmane

0 199

BETUN,fokusnuatenggara.com- Banjir yang terjadi di Kabupaten Malaka, Provinsi NTT pada Jumat, 22 Mei 2020, memantik semangat Pemkab Malaka untuk bergerak cepat. Langkah antisipatif langsung dilakukan Dinas PUPR Malaka apabila terjadi banjir susulan.

Seperti yang dilakukan di Desa Oanmane, Kecamatan Malaka Barat, Dinas PUPR langsung membangun deker jalan, guna membuat saluran pembuangan air. Pasalnya, banjir yang terjadi kemarin sempat membuat warga setempat membobol badan jalan guna melancarkan arus air ke saluran pembuangan. Guna menghindari genangan di rumah warga.

Disaksikan wartawan Desk Pemkab Malaka, pada Senin, 25 Mei 2020, Dinas PUPR melalui Bidang Bina Maraga menurunkan satu unit alat berat jenis Eksavator,untuk memulai pekerjaan. Menurut Lorens Haba, Kabid Bina Marga, pembuatan deker ini guna memastikan aliran air bisa tersalurkan dengan baik, sehingga tidak tertahan dan menggenagi pemukiman ewarga.

“Pengaturan ini penting agar kedepan apabila ada banjir, air bisa melewati saluran deker yang sudah dibuat, bukan tergenang di rumah warga,” Ungkapnya.

Namun demikian, tandasnya, pengerjaan deker  tersebut akan dilanjutkan setelah air surut untuk memastikan titik mana yang akan dibangun. Selain menentukan titik, pihaknya juga akan menentukan bentangan saluran yang dibuat.

“Kita sudah perlebar dan untuk sementara kita tunggu air surut supaya bisa lihat mana yang masih tergenang, supaya dibuat saluran menuju deker atau tambah deker lagi,” ujarnya.

Masyarakat Desa Oanmane terpaksa membobol aspal untuk mengalirkan air dari pemukiman warga, setelah banjir yang melanda wilayah tersebut menggenangi pemukiman warga. Inisiatif ini muncul setelah warga menemui jalan buntu karena menganggap Kepala Desa Oanmane tidak melaporkan kesulitan warga kepada pemerintah daerah untuk dicarikan solusinya.

Peristiwa tersebut sempat viral di media sosial. Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran  yang mengetahui peristiwa tersebut langsung memerintahkan Kabid Bina Marga untuk turun ke lokasi guna mencarikan solusinya. (*/fatur)

Comments
Loading...