ads

Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pastikan Kebutuhan Air Secara Maksimal, Bupati Malaka Tinjau Bendungan Benenain

Reporter : JOHN GUSMAOEditor: JeOt
  • Bagikan

BETUN,fokusnusatenggara.com- Guna memastikan kebutuhan air secara maksimal bagi seluruh rakyat Kabupaten Malaka, Bupati Malaka, DR. Simon Nahak, S.H, M.H memantau langsung kerusangan saluran primer Bendungan Benenain di Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Sabtu, 7 Oktiber 2023.

Selain Bupati Simon Nahak, ikut dalam rombongan tersbur Kadis Pertanian Kabupaten Malaka, drh. Januaria Maria Seran, Kabid Pengairan Dinas PUPR, Hubertus Seran Nahak, Camat Malaka Tengah, Stefanus Nahak Klau dan para petugas pintu air.  Mereka berjalan dan menyisir saluran sepanjang wilayah Desa Kakaniuk di Kecamatan Malaka Tengah, dan Desa Hatimuk, Desa Lalaten, Desa Lakulo di Kecamatan Weliman.

Dalam pemantauan tersebut ditemukan kerusakan sepanjang 165 meter di di titik Dusun Boni, Desa Kakaniuk. Kerusakan terjadi karena longsor yang mengakibatkan jatuhnya material berupa batu dan tanah sampai menutup saluran. Akibat hal tersebut, aliran air jadi tidak maksimal untuk mengairi kebutuhan irigasi persawahan di wilayah Kecamatan Weliman dan Malaka Tengah secara menyeluruh.

Baca Juga :  Milenial Malaka Bentuk Relawan Ultras SBS – WT

Kabid Pengairan Dinas PUPR, Hubertus Seran Nahak di lokasi kerusakan saluran titik Dusun Boni membenarkan adanya kerusakan tersebut yang mengakibatkan debit air untuk irigasi persawahan sangat kurang. Untuk kondisi ini, Hubertus menambahkan telah dilakukan pengaturan dalam pembagian air untuk mencukupi kebutuhan secara merata di dua wilayah kecamatan tersebut.

  • Bagikan