Pagelaran Festival Budaya Untuk Penguatan Pranata Adat

  • Bagikan

Kupang, fokusnusatenggara.com / 16 September 2019
Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat besar didunia dan memiliki kekayaan adat dan budaya yang sangat luar biasa.Ada beragam suku, bahasa, budaya dan agama.

“ Keberagamanan ini bukanlah penghalang dan menjadi alasan perpecahanan.Tetapi justru menjadi kekuatan bangsa yang harus dihargai, diapresiasi, sebagai entitas kehidupan yang baik dalam ke Bhineka Tunggal Ika dan persatuan bangsa ,” kata Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Aisyah Gamawati dalam arahannya saat pelaksanaan Festival Budaya bertajuk Penguatan Pranata Adat tingkat Kabupaten Kupang, ( 14/9).

Baca Juga :  Angkasa Pura I Bandara El Tari Revitalisasi Perpustakaan Sekolah

Dia berpesan agar masyarakat NTT khususnya Kabupaten Kupang tidak melupakan asal usul yakni budaya dan adat istiadat. Karena melalui budaya akan memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan ini tentunya akan menunjang pembangunan Kabupaten Kupang sesuai visi misi yang ada.

“ Negara kita Indonesia ini beragam budayanya. Dari budaya yang beragam itu membuat kita bersatu dan harmonis hingga sekarang. Karena itu mari kita bersama melestarikan nilai-nilai adat dan budaya yang ditinggalkan leluhur . Kita harus terus perkuat kelembagaan dan pranata adat dalam membangun, termasuk di Kabupaten Kupang ,” jelas Aisyah Gamawati.[sc name=”BACA”]

Baca Juga :  Dinas PMD Flores Timur Gelar Bimtek Administrasi Desa

Sewlain budaya itu Aisyah Gamawati juga berharap agar dana Desa ini dimanfaatkan sesuai program yang ada untuk meningkatkan kegiatan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat Desa. Karena sejauh ini sudah banyak kemajuan yang signifikan di sejumlah Desa.
“Dengan Dana Desa selama 5 tahun pengucurannya telah dibangun jalan Desa sepanjang 191.600 km, lebih 1 juta meter jembatan, 8000 pasar unit desa, BUMDEs, embung, Paud, Irigasi, MCK dan lain sebagainya,” jelas Aisyah Gamawati.

Baca Juga :  Petani Di TTU Keluhkan Kelangkaan Pupuk

Dia mengapresiasi pengelolaan Dana Desa di 160 Desa di Kabupaten Kupang yang sangat. Sampai sekarang penyerapannya mencapai 99,35 % dari total anggaran 553,97 miliar selama 5 tahun. Lewat dana desa telah terbangun Pasar Desa, tambatan perahu, Irigasi dan sarana olahraga Desa. Juga pembuatan MCK, Sarana Air Bersih, Posyandu dan lain sebagaianya.

  • Bagikan