Nasionalisme Millenial Malaka Dalam “Malaka Diujung Merah Putih”

18

BETUN,fokusnusatenggara.com- Besok, Negara Republik Indonesia genap berusia 75 tahun. Perayaan tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya. Negara yang dikenal dengan semangat Bhineka Tunggal Ika ini, dalam keadaan “sakit” akibat pendemi Covid-19. Namun kondisi ini tidak membuat surut seluruh anak negeri untuk memeriahkan perayaan HUT kali ini.

Kabupaten Malaka misalnya, kabupaten bungsu yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), bergeliat dengan semangat untuk merayakan HUT kali ini. Generasi muda Malaka yang menamakan diri Millenial Malaka tidak ketinggalan panggung untuk semarakan HUT kemerdekaan RI kali ini.

Dikemas dalam kegiatan perkemahan akbar,kegiatan ini mengambil thema “Malaka Diujung Merah Putih” yang berlangsung dari tanggal 16-17 Agustus 2020, di Pantai Mitadikin, Desa Pahiluka, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT.

Menurut Pisto Bere, Koordinator Kegiatan tersebut, kegiatan ini akan dikemas dalam diskusi diskusi yang bertema “ Peluang Usaha Ditengah Pandemi Covid-19”, yang menghadirkan pembicara utama, Direktris RSUPP Betun,  Oktelin K. Kaswadie, serta Pemerhati Sosial, William Alexander dengan materi “Peran Pemuda dalam Mencegah Penyebaran  Covid-19”. Selain itu, ada Ketua KPU Kabupaten Malaka, Makarius Bere Nahak yang membawakan materi “Partisipasi Pemuda pada Pilkada Malaka 2020” dan Ketua Bawaslu Malaka, Petrus Nahak Manek yang membawakan materi “Pengawasan Partisipatif Pemuda Pada Pilkada Malaka 2020”.

Selain kegiatan diskusi, kegiatan lain yang akan akan diisi dalam kemah akbar ini antaranya, malam renungan,  diskusi lintas komunitas, dan kegiatan fraternitas serta live perform music, musikalisasi puisi, fashion show, dan ditutup dengan Kegiatan Pengibaran Bendera Merah Putih, Bhakti Sosial di Pantai Motadikin.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud cinta tanah air, oleh  generasi muda yang terhimpun dalam berbagai komunitas di Kabupaten Malaka untuk menumbuhkan rasa nasionalisme generasi muda yang ada di kawasan perbatasan RI-RDTL,” ungkap Pisto kepada wartawan di Betun, Minggu, 16 Agustus 2020.

Kegiatan kemah ini, diikuti oleh komunitas pemuda Malaka yakni, Rumah Baca Anak Bangsa Malaka, Komunitas Model Feto Mane Malaka, GenPI Malaka, Stand Up Comedy Indo Malaka, Marak Bolan Style (MBS), Hip Hop Malaka Clan (HMC), Malakatawa, Taman Langit Motadin Beach, Himpunan Chief Profesional Indonesia-Malaka, Komunitas AMI Malaka, SASOKA, Malaka Channel, Komunitas Petani Milenial Malaka, Hip Hop Malaka Foundation, Petani Milenial Malaka, Putri dan Putra Tenun Malaka 2019, Malaka Project, Putri Karang, Pelor, Mossa Band, Zanosa Band dan Fotografi Junior. (ferdhy bria)

Comments
Loading...