Masyarakat Dihimbau Tidak Sebarkan Hoax Terkait Covid-19

0 2.425

Sumba Timur, fokusnusatenggara.com / 15 September 2020
Ditengan situasi pandemic wabah Covid -19 sekarang ini masyarakat dihimbau untuk tidak menyebarkan berita yang belum tentu benar yakni hoax. Harus disaring mana yang salah dan benar untuk bisa dimanfaatkan.
“ Saya minta masyarakat Sumba Timur agar tidak menyebarkan berita bohong atau hoax terkait Covid-19 yang meresahkan masyarakat. Harus disaring mana yang bisa salah dan mana yang benar. Informasi yang didapat, harus di rinci dan diketahui lebih jelas dari mana sumber informasi itu berasal, saring sebelum sharing ,” kata Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono ( 14/4).

Karena terkait Covid -19 ini jelas AKBP Handrio Wicaksono banyak sekali berita vira didunia maya yang cukup meresahkan masyarakat. Karena itu masyarakat agar tidak terprovokasi terkait berrita hoax ini.
“ Untuk itui saya harapkan agar masyarakat tidak terpengaruh apalagi terprovokasi berita hoax terkait Covid -19 ini. Karena sumbernya belum tentu kebenarannya, apalagi sumber yang tidak bisa dipertanggung jawabkan,” ungkap AKBP Handrio Wicaksono.
Untuk yang menyebarkan berita hoax kata AKBP Handrio Wicaksono, pihaknya akan terus mengikuti. Manakala ada hoax dan merasahkan masyarakat maka pelakunya akan ditindak sesuai hokum yang berlaku.

“Polri tidak akan segan-segan menindak para pelaku yang melakukan penyebaran berita hoax di tengah pandemi virus Corona di Indonesia. Jadi jangan coba bermain memprovokasi, meresahkan masyarakat ditengah pandemic ini ,” tegas Kapolres AKBP Handrio Wicaksono.
Selain itu, Kapolres juga menghimbau masyarakat agar selalu menggunakan masker saat keluar rumah.

“Program pemerintah ‘masker untuk semua’ sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid 19. Kita harus mendukung program pemerintah tersebut, gunakan saat di luar rumah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid 19,” ucap Kapolres.
Dia menyarankan dalam situasi seperti ini masyarakat diharapkan tetap dirumah jika tidak ada keperluan mendesak untuk keluar. Kalau keluar juga harus mengikuti protap Covis -19. Menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

“Kami berharap dalam situasi seperti saat ini, masyarakat tetap berada di rumah dan menjaga jarak aman serta mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas. Kalau toh keluar karena keperluan mendesak harus patuhi protap Covid -19 ,” tutup Kapolres AKBP Handrio Wicaksono. ( Usif).

Comments
Loading...