Masalah Air Bersih di NTT Akan Tuntas Pada Tahun 2020

0 100

Sumba Timur, fokusnusatenggara.com / 29 Februari 2020
Di Sumba Timur, Gubernur Viktor sebut 2022
Masalah air bersih di NTT yang selama ini menjadi momok akan tutas pada tahun 2022 mendatang. Masyarakat akan minum air bersih langsung dari kran.
“ Saya janji, masalah air bersih di NTT akan tuntas pada tahun 2020 mendatang. Saat itu masyarakat disetiap Desa akan minum langsung air bersih dari kran, tanpa harus dimasak ,” kata Gubernur NTt Viktor Bungtilu Laiskodat ketika berdialog dengan masuyarakat Sumba Timur yang berlangsung di lokasi Wisata Pantai Londalima di Desa Kuta, Kecamatan Kanatang ( 27/2).
Kendala yang dihadapi masyarakat NTT saat ini jelas Gubernur Viktor, sebagian masih mengalami ketiadaan air bersih, listrik dan juga infrastruktur seperti jalan serta persoalan lainya.
“ Untuk air bersih yang dikomsumsipun banyak yang mengandung zat kapur. Akibat mengkomsumsi air minum mengandung zat kapur banyak mengakibatkan masyarakat menderita gagal ginjal dan harus menjalani perawatan berupa cuci darah ,” jelas Viktor Bungtilu Laiskodat.
Lebih lanjut Gubernur Viktor mengharapkan agar persoalan-persoalan semacam ini harus menjadi beban bersama dan harus mampu diselesaikan.
“ Tahun 2022 saya minta untuk kita masukan air bersih seluruh Desa. Jadi dana Desa akan menyiapkan mesinnya supaya orang itu minum langsung dari kran. Lanagsung minum. Tentu cukup menghemat bahan bakar seperti minyak tanah karena airnya tidak dimasak,” beber GUbernur Viktor.
Air bersih yang dikomsumsi langsung dari kran pada tahun 2022 mendatang itu bukan hanya clean water saja. Tetapi juga air yang diminum itupun juga rasa aman ,” ujarnya.
“ Kemarin kita focus untuk rumah sehat. Satu DEsa 10 rumah. Nanti pada tahun 2022 kita tambah air bersih ,” ungkap Gubernur Viktor.
Hadir juga dalam kegiatan itu, Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora, Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali, Ketua DPRD Sumba Timur Ali Oemar Fadaq bersama sejumlah anggota DPRD Sumba Timur, Pimpinan Forkompimda dan OPD Kabupaten Sumba Timur, Para Camat, Para Kepala Desa dan Lurah, Tomas, Toga dan undangan lainya.


Reporter: Usif


Comments
Loading...