Berita Terkini Hari Ini, Kabar Akurat & Berimbang

Malaka Diterjang Banjir

0 197

BETUN,fokusnusatenggara.com- Hujan yang menguyur wilayah Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak kemarin hingga Jumat, 22 Mei 2020 dengan intensitas sedang, mengakibatkan banjir di beberapa desa. Selain intensitas hujan, diperkirakan banjir ini akibat beberapa anak sungai yang berada di DAS Benenain ikut meluap.

Di Desa Naimana, Kecamatan Malaka Tengah misalnya, desa yang berada persis di tepi aliran sungai Benenain ini, dilanda banjir sejak Jam 03.00 Wita dini hari. Berdasakan pantauan fokusnusatenggara.com di lokasi, banjir dengan ketinggian betis orang dewasa tersebut, menggenangi hamper semua rumah penduduk dan areal perkebunan warga.

Menurut Penjabat Desa Naimana, Frans Seran Nuak, banjir semalam tidak bisa diprediksi, kendati wilayahnya berada di tepi DAS Benenain. Pasalnya, kondisi sungai benenain pada sore harinya masih normal, serta intensitas hujan masih sedang.

“ Kami tidak bisa prediksi akan datangnya banjir, pas jam 3 hampir pagi air sudah naik dan masuk ke rumah warga,” ujarnya.

Terkat dengan kerugian materil akibat banjir tersebut dirinya mengatakan, saat ini masih dilakukan pendataan. Namun demikian, yang bisa terlihat hanya areal perkebunan warga yang rusak akibat terkena dampak dari banjir tersebut.

“ Kami masih lakukan pendataan terkait kerugian warga akibat banjir ini. saat ini yang benar benar rusak hanyalah kebun milik warga yang mencapai belasan hektar,” pungkasnya. (ferdhy bria)

 

Comments
Loading...