Kemiskinan Menjadi Penyebab Utama Tindak Pidana Perdagangan Manusia

0 49

OELAMASI,fokusnusatenggara.com- Kemiskinan menjadi faktor utama terjadinya kasus tindak pidana perdagangan manusia di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) umumnya,  dan Kabupaten Kupang khususnya. Bahkan banyaknya tenaga kerja produktif Kabupaten Kupang yang memilih bekerja di luar negeri, disebabkan oleh hal tersebut.

anton-natunAnton Natun, anggota DPRD Kabupaten Kupang menegaskan hal tersebut. Menurutnya, selain kemiskinan kurangnya lapangan pekerjaan juga menjadi faktor lain yang menyebabkan hal tersebut.

“ Perdagangan manusia adalah masalah serius di NTT. Kabupaten Kupang adalah salah satu daerah yang paling banyak terjadi kasus ini. kemiskinan dan kurangnya lapangan pekerjaan adalah pemicu utama,” jelasnya kepada wartawan di Gedung DPRD Kabupaten Kupang, Jumat, 5 Agustus 2016.

Menurutnya, ada keterkaitan erat antara kemiskinan dengan perdagangan manusia yang selama ini terjadi. Lantaran miskin,  kemudian membuat orang menjadi tidak cerdas sehingga berani berbuat sesuatu diluar tatanan akal sehat.

“ Masyarakat pragmatis. Ada datang tawaran untuk bekerja di luar negeri dengan upah yang menggiurkan tentu tanpa pikir panjang langsung setuju, walau resiko besar dengan masuk secara illegal ke luar negeri. Akibatnya, bukan hanya upah yang didapat, tapi nyawa bisa melayang karena perlakukan majikan yang tidak manusiawi, bahkan harus berhadapan dengan masalah hukum,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya meminta agar Pemerintah Kabupaten Kupang harus mampu melihat persoalan ini dengan cerdas. Program yang dilakukan pemerintah, harus bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat, serta menyediakan lapangan kerja yang luas.

“ Pemerintah harus bisa membaca dengan cerdas situasi ini. program pro rakyat dengan tepat sasaran dan pembuan lapangan kerja yang luas, akan mampu meminimalisir, pengiriman TKI maupun TKW asal Kabupaten Kupang ke luar negeri,” tutup Natun. (Jeremy Mone)

Comments
Loading...