Karang Taruna Gatra Harus Picu Tumbuhnya Wira Usaha Pemula

  • Bagikan

Kupang, fokunusatenggara.com / 1 Oktober 2019

Karang Taruna Gatra harus menjadi pemicu tumbuhnya wirausaha pemula yang handal. Selain itu juga harus memiliki daya saing dan kompetitif serta kooperatif dipasaran dengan skill yang terus ditingkatkan serta naluri bisnis yang terus diasah.

“ Saya harpakan agar para pemuda Kelurahan Tarus yang tergabung dalam Karang Taruna Gatra, harus menjadi pemicu tumbuhnya wirausaha. Produk kerajinan tangan yang mulai dirintis dan kelompok usaha lain harus mampu bersaing di pasar kota Kupang dan segmen pasar lainnya di Kabupaten Kupang ”, kata Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe saat penutupan Pembekalan Wirausaha Tenaga Kerja Mandiri TA.2019 yang dilaksanakan oleh Dinas Nakertrans Kabupaten Kupang bekerja sama dengan Bengkel Kreatif Kerajinan Tangan untuk Karang Taruna Gatra di Kelurahan Tarus , Kecamatan Kupang Tengah (30/9).

Baca Juga :  Aksi Heroik Anggota Paskibraka Jatuh Saat Panjat Tiang Bendera

Dia menjelaskan angka pengangguran saat ini cukup tinggi dan merata pada semua strata pendidikan maupun semua wilayah. Ini disebabkan adanya ketidakseimbangan antara pertambahan angkatan kerja baru setiap tahun dan pertumbuhan lapangan kerja sangat sedikit

“Mencermati masalah ini Pemerintah Kabupaten Kupang bersama Pemerintah Pusat terus berupaya meminimalisir tingkat pengangguran ini. Seperti memberikan pelatihan tenaga kerja mandiri dan pembelakan wirausaha kepada kelompok Karang Taruna Gatra di Kelurahan tarus sekarang ini ,” ujar Jerry Manafe.

Baca Juga :  Warga Desa Bokong Konsumsi Air Kubangan

Kreatifitas dan inovasi yang telah dilakukan pemuda kreatif Karang Taruna Gatra Tarus selama ini sebut Jerry Manafe, ternyata berhasil sehingga mendapat perhatian oleh Pemerintah pusat melalui Dinas Nakertrans dan Dinas perindustrian dan Perdagangan memberikan pelatihan kepada para Pemuda ini .

“ Karena itu atas nama Pemerintah Kabupaten Kupang khususnya kelompok Karang Taruna Gatra Kelurahah Tarus kami mengapresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementtrian Tenaga kerja dan kementrian Perindustian yang telah membantu membina para pemuda ini. Juga kepada Bank NTT yang ikut terlibat memberikan modal usaha natinya,” ujar Jerry Manafe.

  • Bagikan