Kapolda NTT Tinjau Langsung Polres Persiapan Malaka

0
306
Kapolda NTT Irjen Hamidin bersama Sekda Malaka, Don Bere didepan Mako Polres Malaka.
Loading...

Betun, fokusnusatenggara.com / 15 Desember 2019
Kapolda NTT Irjen Pol Hamidin bersama Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Julachmi Hamidin Minggu 15 Desember 2019 mengunjungi Polsek MalakaTengah, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Tiba di Mapolsek Malaka Tengah, Kapolda NTT bersama ibu berseta rombongan disambut langsung oleh Sekda Kabupaten Malaka Donatus Bere dan para pimpinan organisasi perankat daerah ( OPD) dan Kapolsek Jajaran Polsek se Malaka.
“ Kedatangan saya ke Kabupaten Malaka ini selain kunjungan kerja perdana. Tujuannya selain bertemu dengan para anggota yang ada juga mau melihat langsung Polres Persiapan Malaka yang akan beroperasi bulan Januari 2020 mendatang ,” kata Kapolda Irjen Hamidin.
Lebih lanjut mantan Kapolda Sulawesi Selatan ini mengapresiasi Bupati Malaka Stef Bria Seran yang begitu respons atas kehadiran Polres persiapan Malaka.
“ Kami apresiasi dan menyampaikan terima kasih karena Pak BUpati begitu sigap dan respons terhadap kehadiran Polres persiapan Malaka ini. Begitu tahu terbentuknya Polres Malaka beliau langsung meminjamkan fasilitas, gedung untuk dipakai sebagai kantor Polres Malaka. Ini luar biasa ,” ujar Irjen Hamidin.
Selanjutnya didampingi Sekda Malaka Don Bere, Kapolda Irjen Hamidin bersama meninjau lokasi tanah Polres Malaka dan melihat Gedung/Bangunan Polres Persiapan yang dipinjampakaikan oleh Pemkab Malaka.
“ Pak Bupati menawarkan tiga bangunan untuk kami pakai sebagai Kantor Polres persiapan Malaka. Dari ketiga itu staf kami yang dating memeriksa memilih kantor lama Puskesmas Betun. Saqat ini sementara dibenahi dan sudah hampir tuntas. Jadi bulan Januari 2020 mendatang sudah bisa dipakai ,” ujar Irjen Hamidin.
Ikut mendampingi Kapolda NTT dalam kunjungan iniini, Kabidkum Polda NTT Kombes Agus Hermawan dan Ibu, Kabidpropam Kombes Agus Suryoto dan Ibu Kabid TI, Kombes Wahyu Prihatmaka dan ibu Kapolres Belu dan Ibu, Koorspripim Kompol Umbu Kaledi.
Sebagaimana diberitakan Gatra.Com sebelumnya bahwa harapan masyarakat lima Kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mendapat Polres baru terwujud. Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah menunjuk 5 pejabat sementara ( PS) Kapolres untuk mulai bertugas Januari 2020 mendatang.

Penunjukan lima Kapolres ini tertuang dalam Surat Telegram Mabes Polri nomor ST/3234/XII/KEP tertanggal 6 Desember 2019. Kelima pejabat sementara Kapolres itu adalah AKBP Albertus Neno ditunjuk menjabat PS Kapolres Malaka, AKBP Nugroho Arie Suswanto SH sebagai PS Kapolres Manggarai Timur, AKBP Agustinus Hendrik Fai SH sebagai PS Kapolres Nagekeo, AKBP Jakob Seubelan sebagai PS Kapolres Sabu Raijua dan AKBP Joseph Mandagri sebagai PS Kapolres Sumba Barat Daya.

Pembentukan lima Polres ini tertuang dalam surat Menpan dan RB RI nomor B/849/M.KT.01/2019 tanggal 18 September 2019 yang ditujukan kepada Kapolri dan ditandatangani Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin tentang peningkatan tipe dan pembentukan Polres.

Dalam surat tersebut disetujui peningkatan tipe 14 Polres menjadi Polres Kota (Polresta) dan Polres Kota Besar (Polrestabes) serta pembentukan 32 Polres.

Surat tersebut sebagai jawaban atas surat Kapolri nomor B/7204/XII/OTL.1.1.3/2018 tangga l28 Desember 2018 perihal peningkatan tipe Polres dan surat nomor B/4983/IX/OTL.1.1.3/2019 tanggal 2 September 2019 perihal usul pembentukan Polres.

Dalam surat tersebut disetujui peningakan tipe 14 Polres menjadi Polres Kota (Polresta) dan Polres Kota Besar (Polrestabes) serta pembentukan 32 Polres.

Untuk diketahui selama ini Kabupaten Nagekeo masih bernaung di bawah Polres Ngada, Manggarai Timur masih dilayani Polres Manggarai, Malaka di bawah Polres Belu, Sabtu Raijua di bawah Polres Kupang dan Polres Sumba Barat membawahi Kabupaten Sumba Barat Daya, dan Sumba Tengah.


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here