Berita Terkini Hari Ini, Kabar Akurat & Berimbang

Kapal Wisatawan Tenggelam Di Labuan Bajo Manggarai Barat

0 76

Kupang, fokusnusatenggara.com / 4 Januari 2020

Kapal Adytia yang mengangkut 5 orang wisatawan nusantara ( Wisnus ) Sabtu 04 Januari 2020 pukul 09.45 Wita tenggelam di perairan Pulau Bidadari, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Awalnya kapal Aditya yang di Nakodai oleh Samsudin bersama 3 ABK, penumpang 5 orang dan Guide 1 orang, bertolak dari pelabuhan Labuan Bajo menuju Perairan Taman Nasinal Komodo untuk melakukan Trip selama 3 hari dengan route tujuan pulau Kelor, Menjerite, Pulau Rinca dan Pulau Kalong.

Pada pukul 09.45 Wita Setelah Kapal tiba di perairan Bidadari tiba-tiba muncul badai dan langsung menghantam Kapal yang mengakibatkan Kapal tenggelam.

“ Pada pukul 09.47 Wita, kapten Kapal Aditya mengontak melalui Radio ke Kapal Lapiret yang saat itu melintas untuk meminta bantuan mengevakuasi korban dan ABK. Kemudian Speed Boat Lapiret dengan cepat mendatangi Kapal yang tenggelam untuk mengevakuasi para korban ,” kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Johanes Bangun ( 4/1).

Lebih lanjut Kombes Johanes Bangun merincikan pada pukul 10.00 Wita team SAR gabungan yang terdiri dari personil Polri, Kejaksaan dan Syabandar yang berjumlah 9 orang menggunakan speed Boat BASARNAS melakukan evakuasi menuju Pelabuhan PELNI.

“ Begitu tiba di Pelabuhan Pelni para korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo menggunakan mobil mini Bus milik Syabandar Labuan Bajo. Saat ini mereka sementara ditangani tim medis rumah sakit ,” jelas Kombes Johanes Bangun.

Penyebab tenggelamnya kapal KM. Aditya menurut Kombes Johanes Bangun, disebabkan oleh karena cuaca buruk serta kelalaian dari Kapten Kapal yang berusaha menembus tingginya gelombang sehingga keseimbangan kapal tidak terkendali dan mengakibatkan kapal tenggelam.

“ Kecelakaan ini selain karena cuaca buruk juga karena Kapten Kapal yang nekat berusaha menembus tingginya gelombang. Karena tidak ada keseimbangan lalu kapal tidak terkendali dan mengakibatkan kapal tenggelam ,” ujar KOmbes Johanes Bangun.
Selain itu ujar Kombes Johanes Bangun, pada saat berlayar KM. ADITYA tidak dilengkapi dengan clerence pass dari Syabandar Labuan Bajo.

“ Saat berlayar kapal ini tidak dilengkapi clerence pass dari Syabandar. Para kru kapal belum bisa diperiksa pihak berkompoten karena saat ini masih ditangani ti medis RS Siloam Labuan Bajo,” ujarnya.

Adapun identitas korban adalah Samsudin, Kapten Kapal KM. ADITYA, warga Labuan Bajo, Zakaria Betha, pekerja kapal, warga Hento, Kecamatan Golo Sepang, Manggarai Barat, Syafrudin. Kemudian Albert, Tour Guidr, warga Waemata, KecamatanKomodo, Manggarai Barat, Syafrudin, pekerja kapal warga Kabupaten Bima, NTB.

Berikutnya kelima wisatawan semuanya berasal dari Sukoharjo Jawa Tengah. Mereka adalah Pya seorang Mahasiswa, Cinta, pelajar kelas III SMP, Kokoh Sumarwanto, Afida dan Anti.


Reporter: Usif


Comments
Loading...