Kabupaten Kupang Masih Tertinggal Perlu Dibenahi

0 49

Kupang, fokusnusatenggara.com 29 Mei 2019

Kabupaten Kupang secara nasional masih jauh tertinggal dan perlu dibenahi. Saat ini menempati urutan/ ranking ke 277 dari 397 Kabupaten di Indonesia. Karena itu diharapkan semua aparatur sipil negara ( ASN) yang mengabdi diwilayah ini harus ekstra bekerja untuk mengejar keteringgalan ini.

“ Kabupaten Kupang ini Kabupaten tertua di NTT. Sudah melahirkan tiga daerah otonom baru yakni Kota Kupang, Kabupaten Rote Ndao dan Sabu Raijua. Tetapi masih terus tertinggal baik secara nasional dan regional. Untuk Provinsi NTT menempati urutan ke 9 dari 22 Kabupaten / Kota yang ada. Gila tidak ,” ungkap Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe ketika melantik 439 pejabat eselon III dan IV dilingkup Pemkab Kupang ( 29/5).

Karena itu jelas Jerry Manafe semua aparatur sipil negara ( ASN) yang ada harus bekerja serius dibidangnya masing –masing. Tidak bisa dibiarkan lagi, kerja sesuka hati dan masuk kantor dan pulang juga sesuka hati.

“ Kami baru dilantik 7 April 2029 lalu. Setelah melakukan sidak disejumlah instansi ditemukan semuanya kerja tidak becus. Hanya santai main game menunggu jam kantor untuk pulang rumah. Lebih konyol lagi ada yang masuk keluar kantor semaunya saja. Masuk jam 10 pulang jam 12.00. Ini namanya makan gaji buta ,” ujar Jerry Manafe.

Karena itu tegas Jerry Manafe untuk kepemimpinan Korinus Masneno dan Jerry Manafe ini para ASN diminta meninggal pola malas –malasan dan kerja sesuka hati. “ Untuk masa kepemimpinan kami berdua ini, pola kerja kalian yang begitu diminta untuk tinggalkan. Kami beri target kerja minggunan dan bulanan. Karena kami akan evaluasi setiap saat. Yang tidak serius dan tidak mencapat target langsung dicopot ,” beber Jerry Manafe.

Dikatakan pejabat eselon III dan IV sebetulnya menjadi ujung tombak dalam melaksanakan semua program kerja yang ada di instansinya masing –masing. “ Anehnya dalam sidak kami temukan ada pejabat eselon yang tidak kerja. Pekerjaan yang ada diberikan kepada pegawai kontrak yang laksanakan. Ini namanya pejabat tidak tahu diri, pejabat buta dan makan gaji buta ,” ungkap Jerry Manafe.

Kepada semua pejabat yang dilantik diberi target 3 bulan sudah harus meningkat progres report sesuai tupoksi masing –masing. “ Semua ASN yang mengabdi ini untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kupang. Jika target waktu yang diberikan tidak tercapai jelas akan dicopot jabatanya. Kalau demikian jangan marah kami tetapi marah diri sendiri ,” kata Jerry Manafe.

Semua target yang diprogramkan harus dicapai bahkan boleh over target. Karena dengan demikian secara perlahan, peringkat Kabupaten Kupang baik secara nasional maupun NTT yang sekarang menempati urutan yang tidak menyenangkan bisa secara perlahan membaik. “Jika kalian bekerja serius bertanggungjawab sesuai tupoksi setiap tahun peringkat kita bisa membaik. Karena itu kami beri target mingguan dan bulanan ,” katanya. ( Usif).

Comments
Loading...