Januaria Awalde Berek Dilantik Jadi Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Belu

0 48

ATAMBUA,fokusnusatenggara.com- Januaria Awalde Berek, yang juga Ketua DPRD Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dilantik menjadi Ketua Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Kabupaten Belu. Selain Berek, pada kesempatan yang sama, ikut dilantik Yuliana Makandoloe, sebagai Ketua KPP Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan Timor Tengah Utara (TTU). Mereka dilantik oleh Angela Mercy Piwung, selaku badan pengurus KPP Provinsi NTT, pada 19 Oktober 2016, di Gedung DPRD Kabupaten Belu.

kppPiwung dalam sambutannya menjelaskan, pelantikan KPP yang berlangsung di wilayah Kabupaten Belu adalah yang pertama. Sebagai salah satu provinsi yang tertinggal, pengurus harus mempunyai komitmen yang kuat untuk membangun NTT, khususnya kegiatan-kegiatan kaum perempuan.

“ Ini adalah kali pertama kita lakukan pelantikan KPP. Dan Belu kita pilih karena letak daerah ini  berada di perbatasan Indonesia dan Timor Leste. Untuk itu, kita harus bisa menjadi organisasi yang kuat, serta mendorong agar kedepannya organisasi ini, dapat bekerja dan membela hak-hak kaum perempuan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPP Belu, Januaria Ewalde Berek menegaskan, akan menyuarakan aspirasi masyarakat terutama aspirasi kaum perempuan yang mengalami tindak dan sebagai korbab kekerasan di wilayah Kabupaten Belu. 

“Wadah ini hadir untuk memperkuat perjuangan isu-isu terhadap kaum perempuan, begitu juga dengan membangun kemitraan, kita dapat memperkuat perempuan parlemen di daerah. Kami akan terus berjuang untuk mengatasi kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujarnya.

Pengukuhan organisasi Kaukus Perempuan Parlemen tiga Kabupaten tersebut, diikuti Wakil I DPRD Belu beserta anggota. Ketua DPRD TTU, Wakil Ketua DPRD TTS, Ketua TP PKK Belu, Direktur PIAR, Direktur Rumah Perempuan, Perwakilan PSE, PPSE, Bakti, Forum Penyangga Suara Perempuan dan Mampu. (Humassetdabelu)

Reporter : Robert Bria Seran
Foto : Mutiara

Comments
Loading...