Jadi Abdi Negara Harus Untuk Melayani

0 43

KUPANG , fokusnusatenggara / 18 Juni 2019.
Seorang abdi masyarakat dipercayakan masyarakat untuk membangun daerah ini dan membawanya kearah yang lebih baik. Karena itu harus memaknai kepercayaan yang diberikan dengan memanfaatkan semua potensi, kekuatan yang ada untuk kemajuan masyarakat.

” Saya harapkan semua kita yang menjadi abdi Negara ini harus benar –benar menjadi pelayan untuk melayani masyarakat. Bukan untuk dilayani. Mulai dari kepala Desa, Camat dan semua pimpinan OPD, pejabat eselon dan staf harus tunjukan kepercayaan itu dengan kerja keras ,” kata Bupati Kupang, Korinus Masneno Masneno saat membuka secara Rapat Koordinasi bersama para Camat dan Kepala Desa Lingkup Pemkab Kupang di Aula Kantor Bupati Kupang ( 18/6).

Lebih lanjut Korinus Masneno berharap para Kepala Desa dapat memanfaatkan dana Desa dengan baik disesuaikan dengan potensi yang ada di Desa. Hasilnya juga harus bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

“Untuk mendapatkan hasil yang bagus harus miliki perencanaan yang baik, pelaksanaan yang baik hingga pertanggungjawabannya yang baik juga. Lihat apa skala prioritas kebutuhan masyarakat dan selesaikan dengan dukungan dana yang ada ,” jelas Korinus Masneno.

Dengan adanya dana Desa yang besar ini sebut Korinus Masneno, harus menjawab kesulitan yang dialami masyarakat. Juga harus dikelola secara bijak dan melibatkan perangkat Desa lainnya seperti BPD dan masyarakat itu sendiri.[sc name=”BACA”]

“Miliki Perencanaan yang baik, pelaksanaan yang baik hingga pertanggungjawabannya yang baik juga. Lihat apa skala prioritas kebutuhan masyarakat dan selesaikan dengan dukungan dana yang ada,” tegas Bupati Masneno.

Selain itu berbagai persoalan di Desa seperti keterbatasan tenaga kesehatan dan tenaga pendidik hendaknya bisa diantisipasi dengan Dana Desa. “ Kepala Desa dan staf dan perangkat lainnya juga harus jeli melihat keterbatasan –keterbatasan yang ada di Desa. Seperti dibidang Pendidikan dan Medis ,” harap Korinus Masneno.

Pada bidang pendidikan dirinya berharap melalui Dana Desa bisa membantu kebutuhan-kebutuhan seperti membayar gaji guru Paud dan mendukung fasilitas lainnya yang sangat berguna bagi pengembangan sumber daya manusia Kabupaten Kupang yang berkualitas. “ Tentu semua dengan melihat aturan dan disesuaikan dengan kebutuhan mendasar masyarakat, ungkapnya.

Selain itu Bupati Masneno nyatakan dirinya memiliki konsep agar lewat dana Desa bisa juga dimanfaatkan untuk mendukung pemenuhan pelayanan kesehatan di desa itu sendiri dengan membiayai minimal 3 orang tenaga kesehatan meliputi tenaga bidan, perawat dan tenaga kesehatan lingkungan.

“ Dengan kebijakan ini dapat juga mengakomodir tenaga kesehatan dari desa tersebut atau Desa tetangga sehingga para petugas uyanag difaslitasi itu memiliki kecintaan untuk membangun dan mengabdi bagi masyarakat di desa itu ,” ujar KOrinus Masneno.

Bupati Masneno yakin jika dana Desa ini dilaksanakan dengan baik akan memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kepada para Camat yang ada di 24 Kecamatan diharapkan membangun koordonasi yang baik dengan perangkat desa dalam mensukseskan kegiatan pembangunan di desa.

“Para Camat harus sisihkan waktu untuk berkantor di Desa, lihat kendala para Kepala Desa dan bantu sehingga pembangunan dapat berjalan di desa,” tegas Masneno. ( Son ).

Comments
Loading...