Halal Bihalal Dan Gebyar Spirit Of Islam Budaya Nusantara Tahun 2019

0 42

Kupang, fokusnusatenggara.com / 2 Juli 2019

Peringatan Hari Besar Islam ( PHBI ) Kota Kupang menyelenggarakan Halal Bihalal Umat Islam se-Kota Kupang dan Gebyar Spririt of Islam Budaya Nusantara Tahun 2019. Acara terselenggara atas kerjasama Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Kupang, DMI (Dewan Mesjid Indonesia) Kota Kupang, Fosimata Kota Kupang dan seluruh paguyuban muslim se-Kota Kupang. Acara ini sengaja diatur panitia bertepatan dengan 21 Syawal 1440 Hijriyah yang jatuh pada hari Sabtu ( 29/6).

Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man, dalam sambutannya kegiatan halal bi halal dan Gebyar Spririt of Islam Budaya Nusantara Tahun 2019 mengatakan momen ini cukup bermakna persatuan dan yang penuh nilai spiritualnya.

“ Acara halal bi halal kali ini perlu diapresiasi. Karena panitia penyelenggara bekerjasama dengan seluruh paguyuban dan organisasi Islam Kota Kupang. Ini tentunya akan semakin mempererat tali silaturahmi serta meningkatkan toleransi kerukunan hidup antar umat beragama se-Kota Kupang, yang selama ini sudah mantap dan harmonis ,” kata Herman Man.

Wakil Walikota Herman Man dalam kesempatan tersebut juga mengajak seluruh pihak, khususnya melalui momen-momen keagamaan seperti ini untuk mengemban tanggungjawab membangun daerah ini menuju kesejahteraan bagi masyarakat Kota Kupang.[sc name=”BACA”]

“Saya mengajak kita semua turut mendukung program-program pemerintah yang pro rakyat. Dengan demikian percepatan pembangunan pada segala aspek kehidupan masyarakat di Kota Kupang dapat terlaksana secara baik,” ujar beliau.

Pemko Kupang kata Herman Man mengapresiasi panitia karena halal bi halal ini dirangkaikan dengan Gebyar Spirit of Islam Budaya Nusantara. Karena kegiatan rohani juga menampilkan berbagai budaya etnis nusantara yang tergabung dalam masyarakat Kota Kupang.

“ Kami apresiasi. Ini salah satu bentuk melestarikan kebudayaan kita terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi yang dapat berdampak pada lunturnya nilai-nilai kultur yang kita miliki ,” ujar herman Man.

Dengan budaya yang diacarakan ini jelas Herman Man sangat baik memerangi segala hal yang dapat merusak kerukunan yang sudah sangat harmonis ini. “ Ini pagelaran budaya islam yang nuansa nusantara kental. Berbagai kelompok islam dan paguyuban etnis nusantara yang ada di kota Kupang tampil dalam gebyar ini ,” pungkas Herman Man.

Ketua Umum Peringatan Hari Besar Islam Kota Kupang ( PHBI) Kota Kupang, Drs. Ambo, M.Si dalam sambutannya bernada sama yakni mengajak seluruh yang hadir untuk memaknai momen halal bi halal tersebut sebagai momen kebersamaan untuk saling maaf memaafkan serta mempererat tali silaturahmi yang telah terjalin selama ini.

“ Kita haruis memaknai momen ini. Bukan saja sebagai ajang maaf memaafkan tetapi lebih dari itu kebersamaan kita ini untuk lebih memperratkan lagi tali silaturahmi yang selama ini sudah terjalin baik dan cukup harmonis ,” kata Drs. Ambo, M.Si.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua MUI Kota Kupang, yang mewakili Danrem 161 Wirasakti, Ketua Dewan Mesjid Kota Kupang, Ketua Organisasi Lintas Pemuda Kota Kupang, Para Ketua Paguyuban Tingkat Kota Kupang, Ketua Masjid Taklim Fosimata, Para Alim Ulama, Tokoh Lintas Agama dan Tokoh Pemuda. ( usif ).

Comments
Loading...