Gubernur Bangga Peserta Karnaval Memakai Tenun NTT

0 75

Kupang, fokusnusatenggara.com / 20 Agustus 2019

Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), Senin (19/08/2019) bertempat di Alun -Alun Rumah Jabatan Gubernur NTT, melepas peserta Pawai Karnaval dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 74.

Ada yang berbeda dari karnaval tahun ini, karena semua tenunan dari seluruh kabupaten di NTT dikenakan oleh para peserta karnaval.

” Memakai sarung tenun NTT ini Ini adalah salah satu bentuk kita mewariskan peninggalan leluhur. Dan ini adalah bentuk kecintaan kita kepada Provinsi ini yakni mengenakan hasil karya imajinasi luar biasa dari para penenun di NTT “, kata Viktor Bungtilu Laiskodat usai melepas 93 peserta Karnaval.

Sebagai orang NTT jelas Gubernur Viktor harus bangga mengenakan tenunan khas karena makin dikenal baik dilevel nasional dan internasional.

“Sebagai orang NTT, kita harus bangga mengenakan tenunan khas NTT, karena saat ini tenunan dari kita makin dikenal bukan saja di level nasional, tapi juga di dunia internasional. Fabtanya pada upacara HUT RI di Jakarta kemarin, ada ibu yang memakai sarung NTT dan meraih juara. Ini harus kita apresiasi dan bangga “, ujar Viktor Bungtilu Laiskodat.[sc name=”BACA”]

Gubernur Vikto menyebutkan ratusan tahun lalu, leluluhur NTT dengan peralatan yang sederhana menciptakan inovasi, motif yang bernilai tinggi. Karena itu sekarang harus dibuat lebih bagus lagi karena sudah menggunakan peralatan dann tehnologi pembuatan yang lebih maju.

“Kalau dulu, ratusan tahun lalu, leluhur kita dengan peralatan yang sangat sederhana mampu menciptakan sebuah inovasi yang bernilai seni tinggi, maka saat ini sebagai gubernur saya mendorong agar kita semua mampu melahirkan karya seni yang lebih luar biasa agar ciri khas NTT semakin dikenal oleh dunia luar “, jelas Viktor Bungtilu Laiskodat.

Tampak hadir pada acara pelepasan karnaval ini, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTT Julie Sutrisno Laiskodat, Ketua DPRD Provinsi NTT Haji Anwar Pua Geno, Komandan Lantamal VII Kupang Laksma TNI IG. Kompiang Ariwibawa, Kasrem 161/WS (Kolonel Inf. I Kadek Subawa), dan semua pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi NTT. ( Ivan).


Reporter: Ivan


Comments
Loading...